Cermat Membeli Barang Bekas

thrift-store-ryan-j-lane-istock

Ketika orang nyebut belanja, pasti identiknya dengan membeli barang-barang baru. Jarang kita berpikir belanja barang bekas. Mungkin karena nggak biasa aja atau terkesan aneh beli barang bekas yang padahal bisa diminta aja. Tapi barang bekas nggak berarti jelek, loh. Banyak barang bekas dengan model-model unik dan kualitas oke yang nggak bisa ditemukan di tempat lain.

Tapi namanya juga barang bekas, ada kemungkinan juga barang-barang yang kita beli kualitasnya nggak sesuai dengan ekspektasi kita. Makanya, ada beberapa tips yang bisa ngebantu kalian lebih bijak dalam memilih dan membeli barang bekas.

Penjualnya harus terpercaya. Kalau bisa, coba cari barang-barang bekas dari orang yang kalian kenal. Seenggaknya kalian tahu gimana watak orang itu memperlakukan barangnya. Kalau membeli dari orang lain, carilah apakah ada feedback dari orang-orang lain yang membeli barang dari dia.

Sebisa mungkin, carilah barang dari tangan pertama. Ketika barang udah tangan kedua atau lebih dari itu, biasanya keadaan barang makin jauh dari kualitas prima. Setidaknya hati-hati ketika membeli barang dari tangan kedua dan seterusnya.

Tahun produksi juga penting. Walaupun barangnya murah, kalau tahun produksinya sudah lama banget dan barang itu nggak lama akan rusak, buat apa? Cari tahulah seberapa lama biasanya produk tersebut tahan dan sebisa mungkin cari yang tahun produksinya masih relatif baru.

Beli barang bekas online? Lebih baik COD. Untuk barang bekas, ini lebih penting karena kalian bisa langsung liat kondisi barang yang bakal kalian beli. Kalau kondisi barang nggak sesuai dengan apa yang kalian mau, maka kalian bisa langsung batalin belinya.

Belanja barang bekas emang menarik, tapi butuh kehati-hatian lebih juga. Dengan ngikutin tips-tips di atas, belanja barang bekas kalian pasti bakal lebih asik dan lebih produktif. Belom lagi, dengan beli barang bekas kalian bisa bantu menyelamatkan lingkungan loh!

Mau tau gimana caranya dan dapet barang-barang bekas keren gratis? Yuk klik banner di bawah ini!

14_banner_20141204-173951_banner-babacucu-new1

Jangan Malu Beli Barang Bekas!

fleamarket

Kalau kita ditawarin buat beli barang bekas, malesin nggak sih? Udah bekas, disuruh bayar pula. Tapi masih ada aja loh yang suka barang bekas, bahkan sampe nyari-nyari di pasar atau toko-toko antik. Kenapa sih beli barang bekas? Banyak alasannya, mulai dari murah, modelnya banyak yang menarik, dan banyak lagi. Terlepas dari pertimbangan-pertimbangan personal, membeli dan memakai barang bekas juga banyak keuntungannya buat lingkungan loh.

Barang bekas nggak butuh sumberdaya baru. Entah itu kapas buat bikin baju, logam dan plastik buat bikin elektronik, atau pohon buat cetak buku, barang-barang bekas udah nggak perlu memakan sumberdaya apa-apa lagi.

Masih nyambung dengan yang di atas, barang bekas juga nggak menghasilkan polusi lagi dalam membuatnya. Jadi dengan membeli barang bekas berarti kita bisa mengurangi polusi. Barang-barang bekas juga biasanya nggak punya bungkus lagi, yang berarti lebih sedikit sampah yang kita ‘hasilkan’.

Kalau barang bekas kualitasnya masih mirip dengan barang baru dan masih layak pakai, kenapa nggak beli barang bekas aja? Nggak malu-maluin kok!

Masih ragu beli barang bekas? Kenapa nggak coba dulu yang gratisan, di mana lagi kalau bukan di Babacucu!

14_banner_20141204-173951_banner-babacucu-new1

Makan Enak Tanpa Nyampah

food_in_a_trash_can-itokhpn-z79

Makan udah jelas jadi kebutuhan kita sehari-hari. Baik itu dibeli atau masak, setiap hari kita makan dan juga tanpa kita sadari, setiap kali makan kita menghasilkan sampah. Mau itu bungkusan, makanan sisa yang nggak kemakan, atau bahan makanan yang berlebih dan kebuang percuma, banyak banget sampah yang bisa kita hasilkan dari kita makan. Nah, terus gimana bisa kita ngurangin sampah dari makanan kita? Ada tips-tipsnya nih!

Buat yang nyetok bahan-bahan makanan di rumah buat masak, ada baiknya mulai implementasi prinsip first in, first out. Setiap abis belanja, bahan makanan yang baru ditaruh di belakang lemari, sementara yang lebih lama ditaruh di depan. Bahan makanan yang masuk duluan adalah yang dipakai duluan, karena biasanya kadaluarsanya bakal lebih cepat.

Mulai juga perhatiin kebiasaan buang bahan makanan. Kalau kalian misalnya sering ngebuang roti, berarti sebagian roti yang kalian beli jarang kemakan. Kurangilah belanja roti kalian yang berikutnya sebanyak jumlah yang sering dibuang itu.

Setiap minggunya, coba tetapkan satu hari sebagai hari ‘sisaan’. Jangan masak makanan baru, tapi coba cari-cari di lemari dan kulkas, siapa tahu ada makanan sisa yang tinggal dihangatkan. Kalau nggak ada, baru masak lagi.

Kalau lagi makan di luar, salah satu penghasil sampah makanan terbesar adalah makanan yang nggak habis, terus dibuang. Daripada buang-buang makanan, lebih baik bungkus aja untuk dibawa pulang. Makanannya nggak jadi dibuang dan bisa dimakan besok harinya. Win-win, kan?

Tips-tips ini nggak susah untuk dijalani, dan kalian pasti bisa ngurangin sampah makanan dengan sedikit penyesuaian kebiasaan. Yuk, mulai kurangi sampah makanan!

Kalau mau nyari cara buat ngurangin sampah barang, di mana lagi kalo bukan di Babacucu? Yuk klik banner di bawah ini buat tau gimana cara kalian bisa ngurangin sampah!

14_banner_20141204-173951_banner-babacucu-new

Kebangkitan Kembali Kaset Tape

tps

Masih ingat Peter Quill yang senantiasa ngebawa Walkman dengan kaset berisi Awesome Mix hadiah ibunya di film Guardians of the Galaxy? Nggak disangka, medium yang sekarang udah langka ini mulai naik lagi dengan bantuan Awesome Mix.

Kompilasi lagu-lagu 80-an yang udah ada 2 volume dan berisi lagu-lagu dari musisi seperti Jackson 5, David Bowie, Electric Light Orchestra, Cat Stevens, dan banyak lagi musisi masa itu baik yang terkenal maupun yang kurang familiar di telinga generasi masa kini terbukti efektif mengangkat pamor kaset menjadi media musik yang populer.

Bukan hanya itu, musisi seperti Justin Bieber dan The Weeknd juga sempat merilis album-albumnya dalam versi kaset. Tahun 2016 lalu, penjualan kaset naik sampai 74% dan pertumbuhannya lebih pesat dibanding medium musik yang lain. Ini bukan berarti penjualan kaset lebih banyak dari medium lain seperti download dan vinyl, tetapi pertumbuhannya menunjukkan kaset tetap relevan.

Ke depannya, perkembangan kaset sangat menarik buat diikutin, dan memang ada rasa yang lain ketika kita mendengarkan musik pake kaset. Medium tua bukan berarti ketinggalan zaman, inilah salah satu contohnya.

Pengen nyobain denger kaset? Babacucu punya koleksi kaset gratis dari musisi-musisi keren, tinggal klik gambar di bawah!

1456287970-751877347

A Silent Voice, Belajar Mendengar Dengan Hati

18033523_1117541955040115_7329553232605979668_n

Bullying bukan hanya merugikan si korban bully, tapi juga si pembully. Pesan itulah yang ingin disampaikan oleh film A Silent Voice, adaptasi dari manga karya Yoshitoki Oima dan disutradarai oleh Naoko Yamada (K-On!).

Sewaktu SD, Shoya Ishida membully anak baru di sekolahnya yang tuna rungu, Shoko Nishimiya. Akibat bullying ini, Nishimiya terpaksa pindah sekolah dan Ishida pun mulai dikucilkan oleh teman-teman dan gurunya. Nggak tanggung-tanggung, pengucilan ini berlanjut terus sampai Ishida masuk SMA.

Memutuskan dirinya nggak perlu teman lagi, Ishida terus menyendiri dan bahkan sempat mempertimbangkan bunuh diri, sampai akhirnya dia bertemu Nishimiya. Apakah mereka bisa saling memaafkan dan apakah Ishida bisa memperbaiki hubungannya dengan semua orang? Saksikan di film A Silent Voice yang akan tayang di bioskop-bioskop kesayangan kalian!

Udah nggak sabar pengen cepet nonton? Hari Kamis ini, tanggal 27 April, bakal ada premierenya A Silent Voice loh! Gimana cara ikutannya? Langsung aja klik gambar di bawah!

1493102573-1735816218

Part-Time Spy, Full-Time Laughs

17952536_1117539651707012_7629033945669269675_n

Suka film Korea? Part-Time Spy bisa jadi pilihan kalian buat nemenin akhir minggu di bioskop. Disutradarai Kim Deok-su dan dibintangi Kang Ye-won, Han Chae-a, Jo Jae-yun, Kim Min-kyo, dan Namkoong Min, film action-comedy ini bakal premiere di bioskop-bioskop kesayangan kalian tanggal 3 Mei!

Ketika Jang Young-sil menemukan konspirasi penipuan di National Security Agency, kantor lamanya, perempuan yang belum pernah memiliki pekerjaan tetap ini membuat kesepakatan untuk kembali bekerja di sana sebagai agen menyamar untuk menguak penipuan ini. Jika dia sukses, maka dia akan mendapatkan posisi tetap di NSA.

Ketika menyamar, ia bertemu dengan Na Jung-an, polisi dari Intellectual Crimes Unit yang juga ditugaskan menyamar dan menemukan dalang di balik penipuan ini. Interaksi antara Jung-an dan Young-sil inilah yang menjadi sentral dari komedi dan aksi Part-Time Spy, mendapat banyak pujian dari reviewer-reviewer luar.

Apakah mereka akan sukses membongkar konspirasi penipuan di pemerintahan? Saksikan di Part-Time Spy, 3 Mei 2017 di bioskop-bioskop kesayangan kalian!

Trik Ampuh Mendapatkan Gigi Bersih Mengkilap

shutterstock_114526693856348

Gigi yang kuning emang seringkali jadi alasan kita malas ngomong atau senyum di foto. Gigi kuning bisa terjadi karena banyak hal, mulai dari kebiasaan kayak ngopi atau ngeteh, ngerokok, mulut kering, atau masalah-masalah kesehatan lainnya. Yang jelas, gigi kuning bakal bikin kita ngerasa nggak enak diliat orang dan biasanya berimbas ke kurangnya percaya diri. Tapi tenang, gigi kalian masih bisa putih lagi, dan ada banyak caranya.

Boy brushing teeth in bathroom

Cara memutihkan gigi yang paling jelas adalah biasakan sikat gigi setiap habis makan dan minum. Walaupun terkesan gampang, ada kalanya kita dalam posisi di mana agak susah untuk sikat gigi, misalnya setelah makan siang di kantor atau sekolah. Kebiasaan merokok, ngopi, ngeteh, dan minum soda juga sebaiknya dikurangi agar gigi semakin bersih.

gallery-1432664914-strawberry-facts1

Walaupun mungkin terdengar agak aneh, stroberi juga bisa membantu memutihkan gigi. Model kenamaan Tyra Banks punya trik memutihkan gigi dengan cara menumbuk 4-5 buah stroberi dan mengoleskan hasil tumbukannya di gigi, lalu dibilas setelah itu. Antioksidan dan kandungan lain di dalam buah-buah beri juga bisa meningkatkan kesehatan gigi.

coconuts-with-oil-benefits-on-table-800x416

Manfaat minyak kelapa juga bisa dirasakan untuk gigi kalian. Berkumur dengan minyak kelapa selama 5-20 menit atau meneteskan minyak kelapa di sikat gigi bisa membantu gigi kalian lebih putih. Atau kalau agak malas, teteskan aja minyak kelapa di handuk bersih dan usapkan di gigi.

Masih nggak mau repot? Langsung aja coba Pasta Gigi ZACT! Kandungannya bisa membantu kalian ngilangin noda di gigi dengan mudah, dan pas banget buat kalian yang sering khawatir gigi bernoda. Lebih asiknya, kalian bisa dapetin ini GRATIS, cuma di Babacucu!

1491895221-506606021

Be Afraid, Rasakan Ketakutan Sleep Paralysis

18010579_1117540261706951_7854221356450045832_n

Pernah denger sleep paralysis alias ketindihan, atau bahkan pernah mengalaminya sendiri? Fenomena ini emang sangat menakutkan. Bangun tidur dan nggak bisa gerak, kita pasti langsung berasa tak berdaya dan takut. Hal inilah yang menjadi sentral cerita film Be Afraid besutan Drew Gabreski.

Film ini menceritakan  John Chambers dan keluarganya yang pindah ke sebuah kota kecil di Pensylvania, di mana John mulai mengalami gejala-gejala sleep paralysis. Ketika dia mengetahui ada makhluk-makhluk yang hidup di kegelapan malam dan hanya terlihat di ujung mata, John menemukan alasan mengapa mereka menghantui dia. Hal ini akan membawa John untuk menguak rahasia kota ini dan menyelamatkan keluarganya sebelum semuanya terlambat.

Buat kalian penggemar horor yang pengen merasakan seramnya terjebak di tempat tidur sendiri dengan makhluk-makhluk aneh, Be Afraid bakal menghampiri layar bioskop kesayangan kalian tanggal 26 April.

Udah nggak sabar? Babacucu punya tiket untuk premiere Be Afraid tanggal 20 April ini! Gimana cara dapetinnya? Langsung aja klik gambar di bawah!

1492488356-412374815

Manisnya Khasiat Madu

honey-625_625x421_41461133357

Kita udah nggak bisa membantah kalau madu itu menyehatkan. Dari zaman Yunani kuno sekitar tahun 384 SM, guna madu untuk kesehatan sudah didokumentasikan oleh Aristoteles. Dari segi kandungan, sesendok madu mengandung 64 kalori dan tidak ada lemak atau kolesterol sama sekali. Madu juga mengandung vitamin, asam amino, dan berbagai mineral, keasamannya juga membantu mengurangi pertumbuhan bakteri.

Tapi apa aja manfaat madu untuk kesehatan? Ternyata ada banyak, dan ini hanya sedikit dari beragamnya manfaat madu untuk badan kita.

relaxation under the sun

Madu punya kandungan karbohidrat yang tinggi dan cocok buat menjadi penambah energi yang cocok di setiap waktu sarapan atau sebelum berolahraga. Campur madu ke dalam teh kalian, dan rasakan tambahan energinya.

honey-will-improve-your-memory

Sering mendadak pikun? Antioksidan dalam madu bisa membantu memberi ‘makan’ sel-sel otak kita agar terus aktif dan menjaga ingatan agar tetap baik. Penelitian National Institute of Health menunjukkan bahwa sesendok madu setiap hari  dapat meningkatkan daya ingat wanita postmenopausal. Madu juga membantu otak menyerap kalsium yang juga bisa meningkatkan daya ingat.

Raw Honey with Dipper

Mungkin ini terdengar agak aneh, tapi madu bisa ngebantu menghilangkan ketombe. Larutkan sedikit madu dengan air, tinggalkan di rambut selama beberapa jam, dan ketombe akan hilang. Ini disebabkan oleh sifat madu yang antifungal, anti-inflamasi, dan antibakteri.

honey-moisturizing-creme

Bukan di rambut aja, tapi madu juga punya banyak efek baik untuk kulit kalian. Banyak banget sekarang produk-produk kecantikan berbasis madu yang bisa kalian beli di pasaran. Ini tanda bahwa madu emang sudah dipercaya dapat membuat kulit lebih mulus dan sehat.

Nggak percaya? Coba aja minta Natural Honey Pure Honey Lotion ini di Babacucu! Buat kulit kalian lebih sehat, mulus, dan lembut. Dan lebih asiknya lagi, kalian bisa dapatkan ini GRATIS!

1491900973-1904741304

Suka Nimbun Barang? Baca Ini Dulu!

crop1106hoarders1

Ngaku aja nih, banyak kan dari kalian yang demen banget nyimpen barang sampai numpuk dan berdebu saking lamanya nggak digubris? Kesannya mungkin remeh, tapi kalau ini diterusin barangnya pasti bakal makin numpuk dan makan tempat. Bahkan barang-barang kecil kayak tiket nonton dan acara juga bisa menuh-menuhin dompet kalau dikumpulin terus. Sebenarnya kebiasaan yang suka disebut ‘hoarding’ ini bisa dikategorikan ke dalam gangguan mental loh di taraf tertentu, sampai udah dikategorikan di DSM, salah satu buku panduan psikolog.

Kemungkinan besar kebanyakan dari kalian masih belum mencapai hoarding taraf segitunya, tapi tetep aja nimbun barang di rumah lama kelamaan bisa bikin tumpukan yang nggak enak dilihat dan bisa jadi sarang penyakit. Untuk itu, ada beberapa tips yang mungkin bisa ngebantu kalian ngurang-ngurangin kebiasaan nimbun barang.

Pertama-tama, mulai pelan-pelan aja dulu. Jangan langsung ngambil semua barang yang dirasa menuh-menuhin dan dibuang. Ini biasanya bakal bikin nyesel. Sebaiknya coba siapin waktu beberapa jam untuk membersihkan satu ‘spot’ tempat barang numpuk dan nggak usah buru-buru. Pilah-pilah dulu mana yang mau disimpan, dan mana yang mau dibuang.

Kalau kalian suka ngumpulin barang yang sejenis kayak tiket-tiket atau buku, coba dilihat lagi ‘koleksi’ kalian yang udah banyak banget dan cobalah pilih beberapa yang emang bener-bener spesial untuk disimpan, dan singkirkan sisanya. Nah, barang yang memang spesial ini disimpan di tempat khusus biar kalian bisa liat ketika lagi pengen.

Masih ragu barang-barang tertentu mau dibuang atau disimpan? Coba masukkan semuanya ke satu kotak dan buka lagi kotaknya beberapa bulan kemudian, mungkin kalian isa memutuskan buat buang atau nggak pas itu. Asal jangan lupa dan malah keterusan numpuk kotak, nanti bisa jadi masalah baru.

Kalau kalian nyobain tips-tips ini, tumpukan barang di rumah pasti bakal ngurang. Atau daripada kalo dibuang sayang, kalian bisa bagiin barangnya di Babacucu. Siapa tau barang-barang kalian bisa mendapatkan pemilik baru yang juga bakal sayang barang kalian. Lebih mending kan daripada dibuang?

Yuk klik banner di bawah!

14_banner_20141204-173951_banner-babacucu-new