Mengintip Tradisi Berlebaran Dunia

43tradisi-lebaran-di-tanah-air1

Lebaran di Indonesia selalu identik dengan ketupat, mudik, dan THR. Apakah di luar negeri juga kayak gitu? Ternyata nggak! Yuk kita intip tradisi berlebaran di negara-negara lain!

xsfuxkq7xu

Di Turki, lebaran disebut Bayram. Setelah shalat Id, biasanya umat Islam di sana bersalam-salaman dan mengucapkan Mutlu Bayramlar, yang kurang lebih berarti selamat hari Bayram. Sementara itu, anak-anak seringkali keliling ke rumah-rumah tetangga untuk mengucapkan salam dan mendapatkan kue-kue, jajanan, permen, dan uang dari tetangga.

qczwnjld9f

Di Nigeria, lebaran penuh toleransi antara umat Islam dan Kristen dengan tradisi Sallah Kecil, di mana kedua umat mengucapkan Barka Da Sallah, salam sejahtera di hari raya setelah shalat Id. Nigeria juga mengenal mudik, di mana orang-orang mengunjungi saudara di kampung dan membagi-bagi THR.

thvggzlqfo

Sementara itu, di Arab sendiri tidak ada tradisi mudik. Orang-orang Arab lebih sering mengisi lebaran di rumah yang sudah didekorasi pernak-pernik bertema lebaran, dan malamnya baru bersilaturahmi ke rumah saudara. Lebaran di Arab juga seringkali diisi oleh pagelaran seni mulai dari tari, musik, puisi, sampai seni peran.

Menarik kan, tradisi-tradisi lebaran di negara lain? Yang selalu menjadi konstan adalah di manapun kita berada, momentum lebaran adalah momentum untuk berbagi, baik itu doa, salam, makanan, maupun uang. Yuk kita tetap jaga semangat berbagi ini sepanjang tahun!

Berbagi di Hari Fitri

lebaran

Lebaran sebentar lagi! Idul Fitri setiap tahunnya dirayakan untuk memperingati kemenangan umat Islam setelah menjalankan ibadah puasa Ramadhan selama sebulan, dan merayakan kembalinya kita ke fitrah. Lebaran identik dengan ketupat, opor, kumpul-kumpul keluarga, dan mudik, tapi apa lagi hal yang paling identik dengan lebaran?

Iya, hal itu adalah berbagi. Momentum lebaran adalah momentum berbagi dalam berbagai bentuk. Dalam bentuk formal, ada kewajiban untuk berzakat fitrah bagi yang mampu, menyumbangkan bahan makanan ke yang membutuhkan. Ada juga sedekah-sedekah dalam bentuk uang yang akan disalurkan ke kaum dhuafa.

Dalam bentuk informal, hampir seluruh ‘ritual’ yang menjadi tradisi lebaran melibatkan berbagi. Dengan open house dan membuat hidangan untuk makan-makan baik keluarga maupun tetangga, kita berbagi. Tradisi ‘THR’ alias bagi-bagi uang lebaran untuk anak-anak saat kumpul keluarga juga salah satu berbagi yang paling ditunggu oleh anak-anak. Bahkan ucapan ‘Minal aidin walfaizin’ juga sebenarnya punya arti, dan artinya bukan ‘mohon maaf lahir dan batin’. Arti sebenarnya adalah ‘semoga kita termasuk (orang-orang) yang kembali (kepada fitrah) dan (mendapat) kemenangan’. Ini adalah doa dari kita untuk orang yang diberikan ucapan itu agar kembali fitri dan meraih kemenangan. Bahkan di ucapannya kita berbagi doa dengan orang lain.

Dalam semangat lebaran tahun ini, yuk kita teruskan kebiasaan berbagi ini ke hari-hari setelah lebaran dan berbagi sepanjang tahun!

Rumput Laut, Ngemil Enak dan Sehat

194186e1474759311o8395

Udah bukan rahasia lagi kalau rumput laut punya banyak banget manfaat buat kita dengan kandungan nutrisinya yang kaya. Kebanyakan jenis rumput laut banyak mengandung mineral seperti kalsium, iodine, dan zat besi. Rumput laut juga kaya protein, serat, dan vitamin, terutama vitamin K. Kandungan kalori dan lemaknya juga sangat rendah.

Belakangan ini lagi populer banget snack rumput laut yang bisa jadi alternatif keripik kentang. Dibuat dari lembaran-lembaran rumput laut yang dikeringkan, dipanggang, lalu dibumbui, snack ini dijual sebagai alternatif snack sehat yang sama bikin nagihnya kayak keripik kentang. Tapi apa benar snack ini sesehat rumput laut biasa, atau hanya taktik penjualan aja?

Ternyata itu bukan sekadar akal-akalan pemasaran. Semua kebaikan dari rumput laut mulai kandungan vitamin yang tinggi, protein, kalsium, dan juga menjadi salah satu sumber vitamin B12 yang alami dan bukan berasal dari binatang ada di dalam rumput laut.

Masih ragu mau nyoba snack rumput laut? Di Babacucu ada Big Sheet, snack rumput laut GRATIS loh! Mau nyobain? Yuk minta!

1495514257-1858353880

In This Corner of the World, Tetap Semangat Bahkan di Saat Perang

19030709_1166035816857395_1666762608078672935_n

Masa-masa pengeboman atom di Hiroshima saat Perang Dunia II adalah salah satu masa terkelam dalam sejarah Jepang. Banyak orang meninggal dan banyak juga mereka yang berhasil selamat hidup menderita setelah itu. Tapi apa semua orang langsung putus asa? Ternyata nggak! Inilah cerita yang ingin diangkat oleh film In This Corner of the World yang diadaptasi dari manga berjudul sama oleh Fumiyo Kono.

Film ini menceritakan Suzu, seorang perempuan yang tinggal di Eba, sebuah kota kecil di Hiroshima. Setelah dinikahkan dengan Shusaku, anak seorang insinyur kelautan dan pindah ke Kure, sebuah kota pelabuhan besar, kehidupan Suzu dan keluarganya mulai perlahan-lahan berubah seiring partisipasi Jepang di Perang Dunia II terus berlanjut dan laki-laki di sekitar keluarga mereka harus pergi perang, sementara para perempuan harus terus membantu di pabrik-pabrik. Bahkan dalam keadaan yang sulit dan kota asalnya menjadi korban bom Hiroshima, Suzu terus berjuang tanpa patah semangat untuk menjalani hidup.

Film yang disutradarai Sunao Katabuchi, asisten Miyazaki di film Kiki’s Delivery Service dan sutradara Black Lagoon ini sudah berhasil mendapatkan berbagai penghargaan dan diputar di berbagai festival film, baik di Jepang sendiri maupun di luar negeri.

Sekarang, In This Corner of the World bakal datang ke Indonesia tanggal 14 Juni! Mau tau lebih banyak tentang filmnya? Klik poster di bawah ini!

18953361_1165099516951025_7585471009656645300_o

Gadget Lama? Jangan Dibuang!

phones

Banyak dari kita yang tiap beberapa tahun ganti hape. Dengan perkembangan smartphone saat ini yang hampir setiap tahunnya bisa keluar berbagai model dengan teknologi baru yang menggiurkan, upgrade gadget bagi banyak orang udah lumrah. Tapi setelah kita ganti gadget, kalau gadget lama kita nggak laku dijual, mau dikemanain?  Masa disimpen aja di rumah dan ngumpulin debu? Ada beberapa tips buat kalian mengurus gadget lama tanpa nyusahin orang lain dan ngerusak lingkungan, yuk simak!

Pertama-tama, semua kelengkapan gadget lama dikumpulkan dulu. Charger, headset, dan gadgetnya itu sendiri pastinya. Lalu, baik itu mau dilungsurin atau mau direcycle, ada baiknya data di dalam gadget itu dibackup dulu dan dihapus dari gadget itu. Jaga-jaga kalau sewaktu-waktu gadget tersebut diberikan ke orang lain.

Sampah elektronik berbahaya bagi lingkungan. Dari kabel-kabel, hape itu sendiri, dan baterai di dalamnya, semuanya mengandung elemen yang dapat mengontaminasi lingkungan jika dibuang asal-asalan.  Lebih pentingnya lagi, semua bahan-bahan ini bisa didaur ulang dan dibuat menjadi barang baru.

Kalau keadaan gadget masih layak pakai, kenapa nggak coba kasih ke orang lain? Pasti banyak orang yang pengen gadget gratis, atau seenggaknya dijual murah ke mereka. Masih bingung karena nggak bisa nemuin orang buat dilungsurin gadget? Kenapa nggak Babacucuin aja?

14_banner_20141204-173951_banner-babacucu-new

Cerita Unik dari Sampah dan Recycling

Print

Recycling atau daur ulang udah sering banget kita dengar. Cara-caranya juga beragam, mulai dari memisahkan sampah yang masih bisa dipakai dengan yang nggak bisa dipakai, mengubah kebiasaan hidup sehari-hari, sampai merombak barang-barang lama agar jadi barang baru yang bisa dipakai lagi. Tapi ternyata nggak cuma itu! Ada banyak cerita-cerita recycling lain yang unik dan menarik.

85649349_dishes

Alih-alih dibuang, pasangan dari Inggris menyajikan makanan sisa di resepsi pernikahan mereka. Prasmanan di pernikahan mereka dibuat dari sayuran yang udah melewati tanggal ‘best-before’ dan dimasak dengan gaya sayuran campur ala Maroko. Selain hidangannya, hiasan-hiasan di pesta pernikahan ini juga semuanya dibuat dari bahan-bahan yang sudah direcycle.

beirut_uberrecycle_blog_960x540_r2

Ada lagi ketika kota Beirut di Lebanon sedang krisis karena banyak banget sampah yang numpuk di sekeliling kota, Uber setempat bekerjasama dengan organisasi-organisasi lokal untuk menyediakan jasa pengumpulan sampah gratis. Setelah dikumpulkan menggunakan opsi UberRecycle di aplikasi Uber masing-masing, sampah yang dikumpulkan akan dibawa untuk direcycle oleh perusahaan-perusahaan lokal.

waste-in-space-lead

Ternyata nggak bumi aja yang punya masalah sampah. Sampah-sampah orbital yang mengambang di luar angkasa sekeliling bumi dan mengancam satelit dan International Space Station juga harus dibuang. Bagaimana caranya? Ilmuwan-ilmuwan merekomendasikan memakai laser. Dengan menembak laser fiberoptic ke bongkahan-bongkahan sampah luar angkasa, pecahan dari sampah-sampah ini akan terlempar dan terbakar di atmosfer bumi.

Ngurusin sampah nggak selamanya membosankan, kan? Masih banyak lagi cerita-cerita menyangkut sampah dan recycle yang menarik lagi loh, dan semua ini sangat membantu lingkungan hidup kita agar lebih bersih!

Kalau punya barang dan bingung mau dibuang sayang tapi dilungsurin nggak tau ke mana, Babacucuin aja!

14_banner_20141204-173951_banner-babacucu-new

Global Warming Dan Bagaimana Kita Bisa Mencegahnya

ait10_mobile_hero

Masih ingat dengan film An Inconvenient Truth-nya Al Gore? Buat yang belum tahu, film ini adalah film dokumenter yang menjelaskan tentang global warming dan akibatnya ke bumi kita, dipandu oleh mantan wapres Amerika, Al Gore. Film ini menjadi salah satu dokumenter yang paling terkenal di dunia sampai sekarang, dan tahun ini rencananya akan dibuatkan sekuel, berjudul An Inconvenient Sequel: Truth to Power.

Film ini menyampaikan pesan soal masalah global warming yang masih tetap mengkhawatirkan untuk kelangsungan hidup di bumi ke depannya, dengan selingan kisah hidup Al Gore yang menceritakan bagaimana ia mulai tertarik dengan isu global warming dan aktivisme lingkungan hidupnya. Film ini juga memberikan argumen mengapa global warming adalah sebuah isu yang menekan dan bagaimana cara kita bisa mengurangi efek-efek global warming.

Gimana caranya? Kita bisa mulai dari hal-hal kecil. Seperti dari penggunaan kertas. Mengingat industri kertas adalah konsumen industri terbesar kelima di dunia, kita bisa menghemat banyak sumberdaya dengan menghemat kertas. Dengan mendaur ulang satu ton kertas, kita bisa menyelamatkan 17 pohon dari ditebang dan setiap pohon, seperti yang sudah kita tahu, menyerap karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen.

Ini hanya satu dari banyak banget hal-hal yang bisa kalian lakukan untuk membantu mengurangi efek global warming. Makanya, yuk kita mulai ubah kebiasaan dan cegah global warming!

Ngomong daur ulang, salah satu cara mendaur ulang barang yang udah nggak kepake adalah dengan ngasih ke orang lain. Mau ngelungsurin barang tapi nggak tau mau di mana? Yuk lungsurin di Babacucu aja!

14_banner_20141204-173951_banner-babacucu-new1

Buang Sampah Yang Nggak Sembarangan

office-recycling

Kebiasaan buruk yang banyak orang belum sadari adalah kebiasaan pukul rata semua jenis sampah ditumpuk dan disatukan. Nggak usah jauh-jauh ngeliat tumpukan sampah yang sering dibakar di jalan-jalan. Kalau kita ngeliat di tong sampah yang udah dikasih warna sesuai seharusnya diisi sampah apa, tetap aja sampahnya nyampur. Hal ini sebenarnya bahaya loh, dan nyusahin banget buat yang harus nyortir sampah ini nantinya.
Buat ngurangin pencemaran lingkungan dan tumpukan sampah yang nggak enak dipandang mata, ada baiknya kita mulai pinter-pinter nyortir sampah di rumah. Berikut ada beberapa tips yang bisa kalian coba untuk ngebantu nyortir sampah.
Di rumah, coba mulai taruh beberapa tong sampah dan labeli sesuai isi sampahnya. Pisahkan plastik dan organik. Ini bakal ngebantu kalian nyortir sampah agar lebih mudah nanti membuangnya. Kalau ada bungkus makanan bekas takeaway, pertimbangkan untuk disimpan kalau bungkusnya bisa dipakai berkali-kali. Kalau nggak, cucilah lalu masukkan ke tong sampah yang sesuai.
Begitu udah waktunya ngebuang ke tempat sampah komplek atau perumahan, bawalah sampah dengan kantong sampah yang terpisah untuk tiap jenis sampah. Ini bakal ngebantu banget buat yang akan nyortir sampah kalian nantinya.
Ada barang yang mau dibuang tapi masih layak pakai? Sayang dong, lebih baik dikasih ke yang pengen. Nggak ada kenalan atau saudara yang mau nampung? Jangan khawatir, ada Babacucu!

14_banner_20141204-173951_banner-babacucu-new1

Jangan Malu Berbagi Barang Second!

thrift-store-secondhand-baby-clothes-and-gear

Ada kalanya kita beli barang yang kita tahu bakal dipakai sebentar, tapi harganya lumayan banget. Biasanya barang-barang buat bayi kayak gini nih. Mulai dari stroller, car seat, tempat tidur, bahkan sampai baju, kebanyakan bikin ngerogoh kocek dalam-dalam tapi pada akhirnya cuma dipakai beberapa tahun, bahkan ada yang beberapa bulan udah nggak dipake lagi.

Ketika masa gunanya udah selesai, lalu barangnya mau diapain? Dibuang? Sayang banget kan, kenapa nggak ngasih ke teman atau saudara yang baru atau akan punya anak buat mereka pakai? Biasanya barang-barang untuk bayi nggak akan dipakai lama, dan selama kondisinya masih bagus, lebih baik dikasih ke orang lain daripada dibuang.

Kalau emang ternyata belum ada orang yang kita kenal yang membutuhkan, bisa juga diposting ke tempat-tempat berbagi gratis kayak Babacucu. Kalau masih sangat layak pakai, pasti banyak loh yang mau. Daripada barangnya numpuk dan jadi sampah di rumah, mending kasih ke orang lain, biarpun nggak kenal. Siapa tahu kita dapat teman baru, ya nggak?

Hal ini juga berlaku buat barang apapun, bukan cuma barang-barang perlengkapan bayi. Punya baju, sepatu, atau tas yang masih bagus tapi udah bosan atau idah ada ganti barunya? Babacucuin aja!

14_banner_20141204-173951_banner-babacucu-new1

Bahaya Bakar Sampah

garbagetrucktrashfire

Nggak jarang kita melihat sampah dibakar di jalan. Dengan asap ngebul dan bau yang menyengat itu, jelas banget kalau ngebakar sampah itu nggak sehat dan bukan cara terbaik untuk menghilangkan sampah. Tetap aja sekitar 40% sampah dunia dihilangkan dengan dibakar. Tapi separah apa sih efek ngebakar sampah itu?
Ngebakar sampah sebenarnya hanya menghilangkan sampah dari darat dan memindahkannya ke udara. Polusi udara mulai dari karbon dioksida, partikel-partikel, dan zat kimia beracun yang dihasilkan pembakaran sampah nggak sebatas mempengaruhi kesehatan manusia, tapi juga merusak lingkungan.
Sekitar 40-50% dari sampah terdiri dari massa karbon, yang berarti karbon dioksida adalah gas terbanyak yang dihasilkan pembakaran sampah. Emisi karbon dioksida walaupun hanya terdaftar 5% di daftar emisi karbon dioksida global, emisi gas ini dari pembakaran sampah dapat menjadi sumber karbon dioksida signifikan di beberapa negara dan daerah.
Selain itu, ada juga zat-zat seperti merkuri dan partikel-partikel lain yang dapat mengakibatkan serangan jantung dan kanker yang dihubungkan dengan pembakaran sampah.
Bukan hanya bahaya untuk diri kita, membakar sampah juga bahaya untuk lingkungan. Jadi sebisa mungkin, carilah cara lain untuk membuang sampah.

Kalau punya barang yang mau dibuang tapi taunya masih layak pakai? Babacucuin aja! Klik banner di bawah ini untuk detil lebih lanjut.

14_banner_20141204-173951_banner-babacucu-new1