Bakar Sampah Bermanfaat Ala Swedia

sweden-garbage-02-662x0_q70_crop-scale

Masalah pengelolaan sampah udah jadi masalah umum di berbagai negara. Sampah yang numpuk dan mngotori lingkungan pasti jadi masalah di manapun adanya itu. Tapi, ternyata nggak semua negara punya masalah sampah kayak gini. Percaya nggak percaya, Swedia sudah menanggulangi masalah sampahnya, sampai ketiadaan sampah itu yang jadi masalah? Gimana bisa?

Di Swedia, sampah dibakar untuk menjadi bahan bakar pemanas rumah-rumah. Dengan ini, sampah dapat digunakan ulang untuk sesuatu yang bermanfaat dan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil, yang sudah diberi pajak mahal sejak 1991. Hal ini juga nggak terlepas dari kesadaran masyarakat Swedia akan pentingnya daur ulang, sehingga sampah-sampah semua dikumpulkan ke pusat daur ulang untuk diubah menjadi energi pemanas.

Saking sedikitnya sampah di Swedia, mereka harus mengimpor sampah-sampah dari negara lain untuk terus mengisi pabrik daur ulang mereka agar terus menghasilkan energi untuk pemanas. Selain menjadi sumber energi yang ampuh untuk pemanas rumah mereka, pembuangan sampah ke tempat pembuangan juga menurun drastis, dengan hanya 1% dari sampah di Swedia yang masuk ke tempat pembuangan sejak 2011.

Kapan Indonesia bisa kayak gini? Semua tergantung dari kesadaran masyarakat pastinya. Nggak usah mulai dari yang besar-besar, coba aja mulai dari diri sendiri. Kalau ada barang bekas yang mau dibuang, kenapa nggak Babacucuin aja?

14_banner_20141204-173951_banner-babacucu-new

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s