Cerita Unik dari Sampah dan Recycling

Print

Recycling atau daur ulang udah sering banget kita dengar. Cara-caranya juga beragam, mulai dari memisahkan sampah yang masih bisa dipakai dengan yang nggak bisa dipakai, mengubah kebiasaan hidup sehari-hari, sampai merombak barang-barang lama agar jadi barang baru yang bisa dipakai lagi. Tapi ternyata nggak cuma itu! Ada banyak cerita-cerita recycling lain yang unik dan menarik.

85649349_dishes

Alih-alih dibuang, pasangan dari Inggris menyajikan makanan sisa di resepsi pernikahan mereka. Prasmanan di pernikahan mereka dibuat dari sayuran yang udah melewati tanggal ‘best-before’ dan dimasak dengan gaya sayuran campur ala Maroko. Selain hidangannya, hiasan-hiasan di pesta pernikahan ini juga semuanya dibuat dari bahan-bahan yang sudah direcycle.

beirut_uberrecycle_blog_960x540_r2

Ada lagi ketika kota Beirut di Lebanon sedang krisis karena banyak banget sampah yang numpuk di sekeliling kota, Uber setempat bekerjasama dengan organisasi-organisasi lokal untuk menyediakan jasa pengumpulan sampah gratis. Setelah dikumpulkan menggunakan opsi UberRecycle di aplikasi Uber masing-masing, sampah yang dikumpulkan akan dibawa untuk direcycle oleh perusahaan-perusahaan lokal.

waste-in-space-lead

Ternyata nggak bumi aja yang punya masalah sampah. Sampah-sampah orbital yang mengambang di luar angkasa sekeliling bumi dan mengancam satelit dan International Space Station juga harus dibuang. Bagaimana caranya? Ilmuwan-ilmuwan merekomendasikan memakai laser. Dengan menembak laser fiberoptic ke bongkahan-bongkahan sampah luar angkasa, pecahan dari sampah-sampah ini akan terlempar dan terbakar di atmosfer bumi.

Ngurusin sampah nggak selamanya membosankan, kan? Masih banyak lagi cerita-cerita menyangkut sampah dan recycle yang menarik lagi loh, dan semua ini sangat membantu lingkungan hidup kita agar lebih bersih!

Kalau punya barang dan bingung mau dibuang sayang tapi dilungsurin nggak tau ke mana, Babacucuin aja!

14_banner_20141204-173951_banner-babacucu-new

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s