Global Warming Dan Bagaimana Kita Bisa Mencegahnya

ait10_mobile_hero

Masih ingat dengan film An Inconvenient Truth-nya Al Gore? Buat yang belum tahu, film ini adalah film dokumenter yang menjelaskan tentang global warming dan akibatnya ke bumi kita, dipandu oleh mantan wapres Amerika, Al Gore. Film ini menjadi salah satu dokumenter yang paling terkenal di dunia sampai sekarang, dan tahun ini rencananya akan dibuatkan sekuel, berjudul An Inconvenient Sequel: Truth to Power.

Film ini menyampaikan pesan soal masalah global warming yang masih tetap mengkhawatirkan untuk kelangsungan hidup di bumi ke depannya, dengan selingan kisah hidup Al Gore yang menceritakan bagaimana ia mulai tertarik dengan isu global warming dan aktivisme lingkungan hidupnya. Film ini juga memberikan argumen mengapa global warming adalah sebuah isu yang menekan dan bagaimana cara kita bisa mengurangi efek-efek global warming.

Gimana caranya? Kita bisa mulai dari hal-hal kecil. Seperti dari penggunaan kertas. Mengingat industri kertas adalah konsumen industri terbesar kelima di dunia, kita bisa menghemat banyak sumberdaya dengan menghemat kertas. Dengan mendaur ulang satu ton kertas, kita bisa menyelamatkan 17 pohon dari ditebang dan setiap pohon, seperti yang sudah kita tahu, menyerap karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen.

Ini hanya satu dari banyak banget hal-hal yang bisa kalian lakukan untuk membantu mengurangi efek global warming. Makanya, yuk kita mulai ubah kebiasaan dan cegah global warming!

Ngomong daur ulang, salah satu cara mendaur ulang barang yang udah nggak kepake adalah dengan ngasih ke orang lain. Mau ngelungsurin barang tapi nggak tau mau di mana? Yuk lungsurin di Babacucu aja!

14_banner_20141204-173951_banner-babacucu-new1

Advertisements

Buang Sampah Yang Nggak Sembarangan

office-recycling

Kebiasaan buruk yang banyak orang belum sadari adalah kebiasaan pukul rata semua jenis sampah ditumpuk dan disatukan. Nggak usah jauh-jauh ngeliat tumpukan sampah yang sering dibakar di jalan-jalan. Kalau kita ngeliat di tong sampah yang udah dikasih warna sesuai seharusnya diisi sampah apa, tetap aja sampahnya nyampur. Hal ini sebenarnya bahaya loh, dan nyusahin banget buat yang harus nyortir sampah ini nantinya.
Buat ngurangin pencemaran lingkungan dan tumpukan sampah yang nggak enak dipandang mata, ada baiknya kita mulai pinter-pinter nyortir sampah di rumah. Berikut ada beberapa tips yang bisa kalian coba untuk ngebantu nyortir sampah.
Di rumah, coba mulai taruh beberapa tong sampah dan labeli sesuai isi sampahnya. Pisahkan plastik dan organik. Ini bakal ngebantu kalian nyortir sampah agar lebih mudah nanti membuangnya. Kalau ada bungkus makanan bekas takeaway, pertimbangkan untuk disimpan kalau bungkusnya bisa dipakai berkali-kali. Kalau nggak, cucilah lalu masukkan ke tong sampah yang sesuai.
Begitu udah waktunya ngebuang ke tempat sampah komplek atau perumahan, bawalah sampah dengan kantong sampah yang terpisah untuk tiap jenis sampah. Ini bakal ngebantu banget buat yang akan nyortir sampah kalian nantinya.
Ada barang yang mau dibuang tapi masih layak pakai? Sayang dong, lebih baik dikasih ke yang pengen. Nggak ada kenalan atau saudara yang mau nampung? Jangan khawatir, ada Babacucu!

14_banner_20141204-173951_banner-babacucu-new1

Jangan Malu Berbagi Barang Second!

thrift-store-secondhand-baby-clothes-and-gear

Ada kalanya kita beli barang yang kita tahu bakal dipakai sebentar, tapi harganya lumayan banget. Biasanya barang-barang buat bayi kayak gini nih. Mulai dari stroller, car seat, tempat tidur, bahkan sampai baju, kebanyakan bikin ngerogoh kocek dalam-dalam tapi pada akhirnya cuma dipakai beberapa tahun, bahkan ada yang beberapa bulan udah nggak dipake lagi.

Ketika masa gunanya udah selesai, lalu barangnya mau diapain? Dibuang? Sayang banget kan, kenapa nggak ngasih ke teman atau saudara yang baru atau akan punya anak buat mereka pakai? Biasanya barang-barang untuk bayi nggak akan dipakai lama, dan selama kondisinya masih bagus, lebih baik dikasih ke orang lain daripada dibuang.

Kalau emang ternyata belum ada orang yang kita kenal yang membutuhkan, bisa juga diposting ke tempat-tempat berbagi gratis kayak Babacucu. Kalau masih sangat layak pakai, pasti banyak loh yang mau. Daripada barangnya numpuk dan jadi sampah di rumah, mending kasih ke orang lain, biarpun nggak kenal. Siapa tahu kita dapat teman baru, ya nggak?

Hal ini juga berlaku buat barang apapun, bukan cuma barang-barang perlengkapan bayi. Punya baju, sepatu, atau tas yang masih bagus tapi udah bosan atau idah ada ganti barunya? Babacucuin aja!

14_banner_20141204-173951_banner-babacucu-new1

Bahaya Bakar Sampah

garbagetrucktrashfire

Nggak jarang kita melihat sampah dibakar di jalan. Dengan asap ngebul dan bau yang menyengat itu, jelas banget kalau ngebakar sampah itu nggak sehat dan bukan cara terbaik untuk menghilangkan sampah. Tetap aja sekitar 40% sampah dunia dihilangkan dengan dibakar. Tapi separah apa sih efek ngebakar sampah itu?
Ngebakar sampah sebenarnya hanya menghilangkan sampah dari darat dan memindahkannya ke udara. Polusi udara mulai dari karbon dioksida, partikel-partikel, dan zat kimia beracun yang dihasilkan pembakaran sampah nggak sebatas mempengaruhi kesehatan manusia, tapi juga merusak lingkungan.
Sekitar 40-50% dari sampah terdiri dari massa karbon, yang berarti karbon dioksida adalah gas terbanyak yang dihasilkan pembakaran sampah. Emisi karbon dioksida walaupun hanya terdaftar 5% di daftar emisi karbon dioksida global, emisi gas ini dari pembakaran sampah dapat menjadi sumber karbon dioksida signifikan di beberapa negara dan daerah.
Selain itu, ada juga zat-zat seperti merkuri dan partikel-partikel lain yang dapat mengakibatkan serangan jantung dan kanker yang dihubungkan dengan pembakaran sampah.
Bukan hanya bahaya untuk diri kita, membakar sampah juga bahaya untuk lingkungan. Jadi sebisa mungkin, carilah cara lain untuk membuang sampah.

Kalau punya barang yang mau dibuang tapi taunya masih layak pakai? Babacucuin aja! Klik banner di bawah ini untuk detil lebih lanjut.

14_banner_20141204-173951_banner-babacucu-new1

Cermat Membeli Barang Bekas

thrift-store-ryan-j-lane-istock

Ketika orang nyebut belanja, pasti identiknya dengan membeli barang-barang baru. Jarang kita berpikir belanja barang bekas. Mungkin karena nggak biasa aja atau terkesan aneh beli barang bekas yang padahal bisa diminta aja. Tapi barang bekas nggak berarti jelek, loh. Banyak barang bekas dengan model-model unik dan kualitas oke yang nggak bisa ditemukan di tempat lain.

Tapi namanya juga barang bekas, ada kemungkinan juga barang-barang yang kita beli kualitasnya nggak sesuai dengan ekspektasi kita. Makanya, ada beberapa tips yang bisa ngebantu kalian lebih bijak dalam memilih dan membeli barang bekas.

Penjualnya harus terpercaya. Kalau bisa, coba cari barang-barang bekas dari orang yang kalian kenal. Seenggaknya kalian tahu gimana watak orang itu memperlakukan barangnya. Kalau membeli dari orang lain, carilah apakah ada feedback dari orang-orang lain yang membeli barang dari dia.

Sebisa mungkin, carilah barang dari tangan pertama. Ketika barang udah tangan kedua atau lebih dari itu, biasanya keadaan barang makin jauh dari kualitas prima. Setidaknya hati-hati ketika membeli barang dari tangan kedua dan seterusnya.

Tahun produksi juga penting. Walaupun barangnya murah, kalau tahun produksinya sudah lama banget dan barang itu nggak lama akan rusak, buat apa? Cari tahulah seberapa lama biasanya produk tersebut tahan dan sebisa mungkin cari yang tahun produksinya masih relatif baru.

Beli barang bekas online? Lebih baik COD. Untuk barang bekas, ini lebih penting karena kalian bisa langsung liat kondisi barang yang bakal kalian beli. Kalau kondisi barang nggak sesuai dengan apa yang kalian mau, maka kalian bisa langsung batalin belinya.

Belanja barang bekas emang menarik, tapi butuh kehati-hatian lebih juga. Dengan ngikutin tips-tips di atas, belanja barang bekas kalian pasti bakal lebih asik dan lebih produktif. Belom lagi, dengan beli barang bekas kalian bisa bantu menyelamatkan lingkungan loh!

Mau tau gimana caranya dan dapet barang-barang bekas keren gratis? Yuk klik banner di bawah ini!

14_banner_20141204-173951_banner-babacucu-new1

Jangan Malu Beli Barang Bekas!

fleamarket

Kalau kita ditawarin buat beli barang bekas, malesin nggak sih? Udah bekas, disuruh bayar pula. Tapi masih ada aja loh yang suka barang bekas, bahkan sampe nyari-nyari di pasar atau toko-toko antik. Kenapa sih beli barang bekas? Banyak alasannya, mulai dari murah, modelnya banyak yang menarik, dan banyak lagi. Terlepas dari pertimbangan-pertimbangan personal, membeli dan memakai barang bekas juga banyak keuntungannya buat lingkungan loh.

Barang bekas nggak butuh sumberdaya baru. Entah itu kapas buat bikin baju, logam dan plastik buat bikin elektronik, atau pohon buat cetak buku, barang-barang bekas udah nggak perlu memakan sumberdaya apa-apa lagi.

Masih nyambung dengan yang di atas, barang bekas juga nggak menghasilkan polusi lagi dalam membuatnya. Jadi dengan membeli barang bekas berarti kita bisa mengurangi polusi. Barang-barang bekas juga biasanya nggak punya bungkus lagi, yang berarti lebih sedikit sampah yang kita ‘hasilkan’.

Kalau barang bekas kualitasnya masih mirip dengan barang baru dan masih layak pakai, kenapa nggak beli barang bekas aja? Nggak malu-maluin kok!

Masih ragu beli barang bekas? Kenapa nggak coba dulu yang gratisan, di mana lagi kalau bukan di Babacucu!

14_banner_20141204-173951_banner-babacucu-new1

Makan Enak Tanpa Nyampah

food_in_a_trash_can-itokhpn-z79

Makan udah jelas jadi kebutuhan kita sehari-hari. Baik itu dibeli atau masak, setiap hari kita makan dan juga tanpa kita sadari, setiap kali makan kita menghasilkan sampah. Mau itu bungkusan, makanan sisa yang nggak kemakan, atau bahan makanan yang berlebih dan kebuang percuma, banyak banget sampah yang bisa kita hasilkan dari kita makan. Nah, terus gimana bisa kita ngurangin sampah dari makanan kita? Ada tips-tipsnya nih!

Buat yang nyetok bahan-bahan makanan di rumah buat masak, ada baiknya mulai implementasi prinsip first in, first out. Setiap abis belanja, bahan makanan yang baru ditaruh di belakang lemari, sementara yang lebih lama ditaruh di depan. Bahan makanan yang masuk duluan adalah yang dipakai duluan, karena biasanya kadaluarsanya bakal lebih cepat.

Mulai juga perhatiin kebiasaan buang bahan makanan. Kalau kalian misalnya sering ngebuang roti, berarti sebagian roti yang kalian beli jarang kemakan. Kurangilah belanja roti kalian yang berikutnya sebanyak jumlah yang sering dibuang itu.

Setiap minggunya, coba tetapkan satu hari sebagai hari ‘sisaan’. Jangan masak makanan baru, tapi coba cari-cari di lemari dan kulkas, siapa tahu ada makanan sisa yang tinggal dihangatkan. Kalau nggak ada, baru masak lagi.

Kalau lagi makan di luar, salah satu penghasil sampah makanan terbesar adalah makanan yang nggak habis, terus dibuang. Daripada buang-buang makanan, lebih baik bungkus aja untuk dibawa pulang. Makanannya nggak jadi dibuang dan bisa dimakan besok harinya. Win-win, kan?

Tips-tips ini nggak susah untuk dijalani, dan kalian pasti bisa ngurangin sampah makanan dengan sedikit penyesuaian kebiasaan. Yuk, mulai kurangi sampah makanan!

Kalau mau nyari cara buat ngurangin sampah barang, di mana lagi kalo bukan di Babacucu? Yuk klik banner di bawah ini buat tau gimana cara kalian bisa ngurangin sampah!

14_banner_20141204-173951_banner-babacucu-new

Kebangkitan Kembali Kaset Tape

tps

Masih ingat Peter Quill yang senantiasa ngebawa Walkman dengan kaset berisi Awesome Mix hadiah ibunya di film Guardians of the Galaxy? Nggak disangka, medium yang sekarang udah langka ini mulai naik lagi dengan bantuan Awesome Mix.

Kompilasi lagu-lagu 80-an yang udah ada 2 volume dan berisi lagu-lagu dari musisi seperti Jackson 5, David Bowie, Electric Light Orchestra, Cat Stevens, dan banyak lagi musisi masa itu baik yang terkenal maupun yang kurang familiar di telinga generasi masa kini terbukti efektif mengangkat pamor kaset menjadi media musik yang populer.

Bukan hanya itu, musisi seperti Justin Bieber dan The Weeknd juga sempat merilis album-albumnya dalam versi kaset. Tahun 2016 lalu, penjualan kaset naik sampai 74% dan pertumbuhannya lebih pesat dibanding medium musik yang lain. Ini bukan berarti penjualan kaset lebih banyak dari medium lain seperti download dan vinyl, tetapi pertumbuhannya menunjukkan kaset tetap relevan.

Ke depannya, perkembangan kaset sangat menarik buat diikutin, dan memang ada rasa yang lain ketika kita mendengarkan musik pake kaset. Medium tua bukan berarti ketinggalan zaman, inilah salah satu contohnya.

Pengen nyobain denger kaset? Babacucu punya koleksi kaset gratis dari musisi-musisi keren, tinggal klik gambar di bawah!

1456287970-751877347