Change Your Resolution, Change Your Universe

909087910fbd6445af18fe0abb3fd2db

Tahun baru biasanya saat buat bikin resolusi baru. Entah itu nurunin berat badan, berhenti ngerokok, atau apapun itu, pasti ada aja resolusi atau niatan buat kita melakukan sesuatu untuk menjelang tahun yang baru. Tapi sering juga resolusi-resolusi ini ujungnya sebatas wacana yang nggak kejadian. Agak sayang kan, jadi mungkin ada baiknya kita mengubah perspektif sedikit.

Daripada resolusi tahun depan Cuma jadi wacana, kenapa nggak coba ubah sedikit pendekatan kita? Ketimbang langsung membuat tujuan, coba ubah aspek-aspek diri pelan-pelan, baik ‘software’ maupun ‘hardware’. Change your universe, kata kerennya.

Dari segi ‘software’, coba ubah sedikit-sedikit perilaku kita. Yang suka malas senyum, coba sekali-sekali senyum, pasti perasaan bakal lebih enak. Sering-sering nyebar kebaikan juga bakal bikin kita berasa lebih ‘plong’. Mau sehat? Coba mulai olahraga dan jaga makan, jangan asal-asalan. Pasti efeknya bakal berasa. Orangtua masih sehat? Jangan lupain mereka, tetap jaga hubungan. Dengan reboot ‘software’, hati pasti lebih adem dan ngejalanin tahun baru pasti lebih asik.

‘Hardware’nya apa? Penampilan pastinya. Jangan takut buat ganti gaya. Sering pake baju hitam? Coba ganti dengan baju-baju berwarna, biar nggak terlalu keliatan ‘gelap’. Yang jeansnya belel-belel, coba ganti dengan jeans yang agak bagusan. Emang iya ada pepatah jangan menilai buku dari sampulnya, tapi kenyataannya penampilan yang bagus bisa bikin orang lain dan kita sendiri merasa makin enak, loh. Nggak usah mahal-mahal pake baju baru, baju yang udah ada atau yang bekas juga bisa kok bikin kalian jadi kece.

Jadi jangan takut berubah. Nggak usah dari hal-hal yang besar, cukup dari hal kecil aja. Perubahan sedikit demi sedikit demi kebaikan jauh lebih efektif dari menetapkan satu tujuan besar di akhir perjalanan. Bebannya juga pasti nggak terasa, dan tiba-tiba tujuan kita di akhir itu juga pasti tercapai.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s