Udah Waktunya Pintar Ngopi!

unnamed-2Siapa sih yang nggak suka ngopi? Entah itu buat nongkrong, biar bisa bangun ngurusin kerjaan, atau emang udah ritual tiap pagi, kopi jadi teman setia banyak orang. Tapi dengan jenis kopi yang banyak banget, kadang kita bingung juga ‘kan? Ada tips nih dari Baba Ola dari Beanthere Coffee.

Yang paling dikhawatirkan orang pada saat pesan kopi, adalah asam lambung. Asam lambung terjadi sesudah minum kopi biasanya karena kurang cocok dengan jenis / karakter kopinya. Mengkonsumsi kopi instan juga banyak mengakibatkan asam lambung juga penyakit lainnya karena kopi yang di konsumsi tidak fresh plus terlalu banyak dicampur dengan gula dan bahan pengawet.  

Jadi sebaiknya minumlah kopi yang fresh dan cari tipe kopi yang cocok dengan kita, jangan malu untuk tanya ke barista untuk penjelasan macem-macem kopinya. Lebih suka kopi yang light, medium, atau strong? Langsung bilang aja ke baristanya, dia pasti bisa menemukan kopi yang sesuai selera kita. Tiap kedai kopi pasti punya standar masing-masing, tapi buat pelanggan apa sih yang nggak? Kalau kita senang pasti kita bakal balik ke sana lagi.

unnamed-4

Secara umum, kopi bisa dibagi dua, yaitu kopi hitam dan kopi dengan susu. Kopi hitam sering juga disebut Long Black atau Americano dibuat dengan 1/3 espresso dan 2/3 air panas. Kopi jenis ini paling enak disajikan panas dan diminum pas udah hangat, dan cita rasa kopi jenis ini biasanya jreng banget.

unnamed-1

Untuk kopi dengan susu, sekarang ini yang populer banget adalah Latte, yang dibuat dari 1/3 espresso, 2/3 susu, dan sedikit foam dengan bentuk gambar yang menarik yang sering disebut Latte Art. Latte art ini biasanya jadi sentuhan personal si barista dalam menyajikan kopinya. Menu favorit lainnya adalah Cappucino, diracik dengan 1/3 espresso, 1/3 susu, dan 1/3 foam. Rasa Cappucino lebih kuat dan teksturnya lebih lembut nyaman banget. Mau yang agak anti mainstream? Picollo yang biasanya nggak muncul di menu tapi pencinta kopi pasti tau dan senang sekali dengan yang satu ini.  Picollo adalah Latte dengan ukuran cangkir yang lebih kecil. Istimewanya Picollo hanya menggunakan bagian terbaik dari espresso extract sehingga cita rasa kopinya cukup kuat, mantap dan padat. Oleh karena itu dengan cangkir ukuran kecil udah cukup kasih booster buat kita. Coba sekali-kali pesan dan tanya Picollo pasti ketagihan. Kopi dengan susu paling enak dinikmati langsung setelah disajikan, oleh karena itu tidak boleh terlalu panas sehingga terasa panas dan menyengat di lidah. Kalo ini terjadi, langsung bilang sama baristanya pasti diganti.

Indonesia terkenal banget dengan variasi kopinya yang banyak banget dengan berbagai karakteristik masing-masing. Pasti akan ada kopi yang cocok untuk kalian. Jangan takut minum kopi, selama nggak berlebihan manfaatnya banyak loh. Mulai dari mengurangi risiko Alzheimer’s dan diabetes sampai melindungi dari penyakit jantung.

Selamat mengeksplor kopi Indonesia!

unnamed-3

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s