Alasan Seru untuk jaga lingkungan – Recycle

Alasan Seru untuk jaga lingkungan – Recycle

Color pencils in tin

 

Apa perlu alasan seru kita untuk mulai menjaga lingkungan?

Di mana pun kita berada, pasti ada saja sampah yang mengganggu. Setiap selesai suatu acara atau ke ramaian, pasti ada jejak sampah yang harus di bersihkan petugas kebersihan dengan susah payah. Dalam jumlah sedikit, sampah mungkin masih dapat di tolerir atau bahkan tidak kelihatan, tetapi dalam jumlah besar, sampah dapat menjadi gangguan mata dangan gangguan penciuman dan kita tidak akan nyaman berada di dekat sampah dalam jumlah besar.

Untuk mengurangi dan menanggulangi masalah sampah ini lah pentingnya mengapa kita harus mulai sadar dan peduli akan sampah yang ada di sekitar kita. Hal ini tidak sulit jika kita sudah sadar dan memiliki niat untuk mengatasi masalah sampah yang makin lama semakin memburuk.

Membuang sampah pada tempatnya, sediakan tempat sampah di setiap tempat dirumah, ajarkan anak kita untuk selalu membuang sampah ditempatnya merupakan hal-hal sederhana yang dapat kita lakukan dan keuntungannya adalah terjaganya kebersihan yang tentunya akan meningkatkan lingkungan yang lebih sehat. Begitu pula virus dan bakteri-bakteri juga akan lebih sulit berkembang.

Kalau sudah baik dan benar dalam urusan membuang sampah, kita bisa mulai meningkatkan cara kita membuangnya dengan memilahnya antara sampah organic dan non organik. Sampah organic dalam waktu singkat akan hancur dan bisa berguna untuk pupuk. Sementara sampah non organic seperti plastic & kaleng tidak akan hancur akan menjadi masalah di kemudian hari.

Akan tetapi adahal sederhana yang juga dapat kita lakukan untuk mengurangi sampah non organic kita dengan mendaurulang (Recycle) yang keuntungannya adalah berhemat (tidak buang-buang uang). Kotak, kaleng, plastic, container dll ini bisa di pakai kembali untuk fungsi yang. Kalo kita mau sedikit rajin merekondisi barang-barang tersebut, kita tidak perlu bolak balik ke took untuk membeli barang baru.

Jadi untuk kita sebagai pemula yang menyadari bahwa sampah dirumah kita bisa berkontribusi kepada masalah lingkungan yang membahayakan secara global, Yuk kita mulai lakukan yang sederhana aja dulu!

Apalagi alasan yang kita butuh untuk mulai menjaga lingkungan?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s