Alasan Seru untuk jaga lingkungan – Recycle

Alasan Seru untuk jaga lingkungan – Recycle

Color pencils in tin

 

Apa perlu alasan seru kita untuk mulai menjaga lingkungan?

Di mana pun kita berada, pasti ada saja sampah yang mengganggu. Setiap selesai suatu acara atau ke ramaian, pasti ada jejak sampah yang harus di bersihkan petugas kebersihan dengan susah payah. Dalam jumlah sedikit, sampah mungkin masih dapat di tolerir atau bahkan tidak kelihatan, tetapi dalam jumlah besar, sampah dapat menjadi gangguan mata dangan gangguan penciuman dan kita tidak akan nyaman berada di dekat sampah dalam jumlah besar.

Untuk mengurangi dan menanggulangi masalah sampah ini lah pentingnya mengapa kita harus mulai sadar dan peduli akan sampah yang ada di sekitar kita. Hal ini tidak sulit jika kita sudah sadar dan memiliki niat untuk mengatasi masalah sampah yang makin lama semakin memburuk.

Membuang sampah pada tempatnya, sediakan tempat sampah di setiap tempat dirumah, ajarkan anak kita untuk selalu membuang sampah ditempatnya merupakan hal-hal sederhana yang dapat kita lakukan dan keuntungannya adalah terjaganya kebersihan yang tentunya akan meningkatkan lingkungan yang lebih sehat. Begitu pula virus dan bakteri-bakteri juga akan lebih sulit berkembang.

Kalau sudah baik dan benar dalam urusan membuang sampah, kita bisa mulai meningkatkan cara kita membuangnya dengan memilahnya antara sampah organic dan non organik. Sampah organic dalam waktu singkat akan hancur dan bisa berguna untuk pupuk. Sementara sampah non organic seperti plastic & kaleng tidak akan hancur akan menjadi masalah di kemudian hari.

Akan tetapi adahal sederhana yang juga dapat kita lakukan untuk mengurangi sampah non organic kita dengan mendaurulang (Recycle) yang keuntungannya adalah berhemat (tidak buang-buang uang). Kotak, kaleng, plastic, container dll ini bisa di pakai kembali untuk fungsi yang. Kalo kita mau sedikit rajin merekondisi barang-barang tersebut, kita tidak perlu bolak balik ke took untuk membeli barang baru.

Jadi untuk kita sebagai pemula yang menyadari bahwa sampah dirumah kita bisa berkontribusi kepada masalah lingkungan yang membahayakan secara global, Yuk kita mulai lakukan yang sederhana aja dulu!

Apalagi alasan yang kita butuh untuk mulai menjaga lingkungan?

Gimana ikut bergerak untuk berbagi.

Logo Babacucu-01

Capture

Bagi-bagi Cuma cuma! Barang kelontongan kita bisa jadi manfaat untuk orang lain.

Ketika kita sudah tahu seperti apa nikmatnya berbagi, maka kita pasti mulai merasakan keinginan untuk berbagi kepada orang lain. Tetapi, berbagi yang baik tidak hanya asal berbagi. Bagi-bagi yang paling berarti adalah ketika kita memberikan sesuatu kepada mereka yang memang membutuhkan dan cocok dengan apa yang kita beri, baik itu barang bekas, barang baru, mau pun hal-hal yang abstrak seperti nasihat dan pengetahuan.

Untuk memastikan apa yang kita bagi kepada orang lain tepat dan cocok dengan si penerima, pastinya si penerima memang butuh atau tertarik dengan yang akan kita bagi. Terkadang kita nggak usah jauh-jauh mencari orang yang membutuhkan karena mungkin saja di sekitar kita ada teman atau keluarga yang membutuhkan sesuatu yang kita punya. Kadang barang yang numpuk dan tidak terpakai dapat dilungsurkan ke mereka dan dapat menjadi barang yang tepat untuk mereka.

Jika kita ingin memberikan ke orang lain, situs-situs komunitas seperti babacucu.com dapat membantu melungsurkan barang yang akan di bagikannya dengan efektif. Karena babacucu.com akan membantu menghubungkan antara kamu yang ingin memberikan barang bekas secara Cuma Cuma kepada orang yang memang perlu barang tersebut.

Babacucu.com adalah situs Free Commerce untuk member apapun secara cuma-cuma, karena  enggak semua harus jadi uang! Dan keuntungannya bisa jadi melebihi nilai barang yang akan di bagikan itu sendiri.

Dengan mudahnya berbagi, apakah ada alasan lain untuk tidak mulai berbagi? Menyebarkan semangat berbagi berarti menyebarkan kebahagiaan dan kebaikan ke orang-orang di sekitar kita.

Barang lungsuran

Melungsurkan barang dalam upaya Reuse yang sekaligus membawa ke baikan bagi pemberi dan penerimanya.

Berbagi bukan hanya sekadar memberikan barang kepada sembarang orang dan sudah berhenti di situ saja. Berbagi yang baik adalah memberikan sesuatu yang memang berharga dan di butuhkan oleh si penerima, agar kita dapat berbagi kebahagiaan dengan orang lain.

Kita juga tidak harus selalu mencari orang yang jauh untuk bagi-bagi, karena kadang orang di dekat kita bisa saja membutuhkan sesuatu yang kita miliki. Jika kita masih ingin berbagi dengan orang lain, maka komunitas seperti babacucu.com dapat menjadi pilihan untuk mencari orang-orang yang ingin apa yang kita akan berikan.

Tips Berhemat Rumahan.

Berikut ide berhemat rumahan yang sekaligus membiasakan hidup kita eco-friendly atau ramah lingkungan.

hematrumah

  1. Hemat listrik:
    Gunakan lampu hemat energy, memang lebih mahal akan tetapi tahan lebih lama dan secara tehnologi memang di rancang untuk tidak banyak menyerap daya. Matikan alat elektronik secara total jangan hanya di pindah ke standby mode karena posisi ini tetep akan menyerap daya. Dalam menggunakan AC tidak perlu harus dingin cukup sejuk saja, yang penting tidak sumuk dan kepanasan karena dingin AC juga dalam jangka waktu panjang tidak baik untuk kesehata. Usahakan untuk menjaga temperature 25 derajat sehingga tidak menyerap terlalu banyak daya
  2. HematBensin:
    Ketika kita bekerja atau berkegiatan dengan menggunakan transportasi ada baiknya memperhatikan beberapa hal untuk menekan polusi dan sekalian berhemat. Antara lain, pertimbangkan lah untuk menggunakan mobil bersama dengan menyesuaikan jadwal kegiatan anggota keluarga, sehingga penggunaan mobil lebih efektif. Gunakan sepeda atau berjalan kaki untuk pergi ketempat yang tidak terlalu jauh selain hemat, menekan polusi juga menyehatkan. Sistem “Car Pool” juga baik untuk berhemat dapat menekan biaya bensin dan perawatan mobil. Matikan mesin mobil secara total bisa sedang menunggu temen di dalam mobil karena akan memboroskan bensin begitu juga dampak polusinya tinggi.
  3. Hemat Belanja:
    Mempunyai daftar belanja akan membantu hal seperti, waktu belanja bisa jadi singkat, tidak mencari-cari atau melihat barang lainnya untuk di beli sehingga tidak menambah biaya belanja.

Selain tips-tips di atas, masih ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk berhemat dan menjalani gaya hidup ramah lingkungan, seperti membagi-bagikan barang bekas yang layak pakai dan masih mungkin untuk di pakai orang lain di situs seperti www.babacucu.com.

Gerakan untuk menyelamatkan bangsa Hari PEDULI SAMPAH NASIONAL.

IMG_1173

Sampah adalah masalah yang hamper semua orang hadapi setiap hari. Mungkin sampah dalam jumlah kecil seperti bungkus makanan terlihat sangat remeh, dan kita seringkali membuang sampah sembarangan tanpa memikirkan akibatnya. Sampah yang menumpuk ini lah yang menjadi masalah. Sampah dalam jumlah yang sangat besar dapat mengakibatkan banjir, wabah penyakit, tidak enak untuk di lihat, dan banyak sekali dampak-dampak buruk. Bahkan longsor sampah seringter jadi, seperti di Leuwi gajah pada 21 Februari 2005.

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat atas pentingnya mengelola sampah agar tidak terulang tragedy seperti Leuwi gajah lagi, maka pada tanggal 21 Februari kemarin di canangkan lah Hari Peduli Sampah Nasional yang diperingati tepat di tanggal insiden Leuwigajah. Di hari ini, diadakan Gerakan Kerja Bakti Nasional yang dilakukanserentak di seluruh Indonesia demi membersihkansampahdarilingkungansekitar. Hal ini juga diadakan untuk mewujudkan Indonesia Bebas Sampah 2020.

Beberapa daerah juga sudah mulai membuat rencana-rencana untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional. Kampanye sosial media untuk menyebarkan data dan fakta mengenai sampah, kerja bakti pada titik-titik strategis di seluruh daerah, dan diskusi-diskusi mengenai persoalan sampah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan.

Kita juga bisa mulai membantu memperingati Hari Peduli Sampah Nasional dengan mengikuti kerja bakti di lingkungan sekitar dan mulai menerapkan prinsip Recycle, Reuse, Reduce Waste di dalam kehidupan sehari-hari. Barang-barang yang sudah tidak terpakai juga sebaiknya dibagikan ke orang-orang yang membutuhkan, dari pada barang menumpuk di rumah dan menjadi sampah besar.

Mewujudkan Indonesia Bebas Sampah 2020 harus menjadi usaha besar kita semua, untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang bersih, peduli lingkungan hidup, dan enak untuk di tinggali.

Jangan Buang buang.

02_Meme_BCrev1

Ketika kita sudah tahu seperti apa nikmatnya berbagi, maka kita pasti mulai merasakan keinginan untuk berbagi kepada orang lain. Tetapi, berbagi yang baik tidak hanya asal berbagi.

Bagi-bagi yang paling berarti adalah ketika kita memberikan sesuatu kepada mereka yang memang membutuhkan dan cocok dengan apa yang kita beri, baik itu barang bekas, barang baru, maupun hal-hal yang abstrak seperti nasihat dan pengetahuan. Kurangi kebiasaan buang-buang dan dapatkan cara tepat untuk menyalurkannya di www.babacucu.com

Dapatkah kita merubah perilaku member dan berbagi menjadi bagian dari gaya hidup ?

Giving-Heart

Berbagi bukan hanya sekadar memberikan barang kepada sembarang orang dan sudah berhenti di situ saja. Berbagi yang baik adalah memberikan sesuatu yang memang berharga dan di butuhkan oleh si penerima, agar kita dapat berbagi ke bahagiaan dengan orang lain.

Logo Babacucu-01

Kita juga tidak harus selalu mencari orang yang jauh untuk bagi-bagi, karena kadang orang di dekat kita bisa saja membutuhkan sesuatu yang kita miliki. Jika kita masih ingin berbagi dengan orang lain, maka komunitas seperti Babacucu.com dapat menjadi pilihan untuk mencari orang-orang yang ingin apa yang kita akan berikan.

Serunya Gratisan.

macam2 gratisan.jpg

Gratisan memang lebih enak. Kata-kata itu pasti sudah sering kita dengar. Mulai dari makanan, barang, hingga hal-hal lain, jika barang itu gratis biasanya ada yang siap menampung.Tidak jarang juga orang membela-bela lama mengantri atau membeli sesuatu untuk mendapatkan barang gratisan yang di tawarkan setelah membeli.

akun-trading-gratis

Ada apa memangnya dengan gratisan? Ternyata setelah di teliti, kita memang sudah terbiasa untuk memilih yang gratis dibandingkan yang berbayar, bahkan jika ‘biaya’ untuk mendapatkan benda gratisan ini sebenarnya lebih ‘mahal’ dibandingkan dengan yang berbayar. Misalnya mengantri berjam-jam untuk makanan yang sebenarnya tidak terlalu mahal atau membeli suatu barang yang lebih mahal untuk mendapatkan barang yang sebenarnya bisa dibeli sendiri dengan harga yang lebih murah.

Walaupun begitu, hal-hal yang gratis biasanya lebih berharga secara emosional dan berasa lebih berguna bagi yang menerima. Kita juga kadang memiliki kepuasan hati yang lebih ketika mendapatkan sesuatu dengan gratis.Oleh karena itulah kita tetap mencari-cari gratisan walaupun usaha yang ditempuh lebih banyak dibandingkan dengan membeli barang tersebut di lain waktu.

Kalau kalian pecinta gratisan dan mau banyak barang gratisan tanpa harus nunggu berjam-jam, kenapa nggak coba Babacucu.com aja? Babacucu bisa membantu menghubungkan kalian yang suka cari-cari gratisan dengan mereka yang suka bagi-bagi gratisan. Buat apa berlama-lama ngantri di took lagi kalau ada Babacucu?

babacucu

Berbagi yang efektif!

efektifgiving

Ketika kita sudah tahu seperti apa nikmatnya berbagi, maka kita pasti mulai merasakan ke inginan untuk berbagi yang baik kepada orang lain. Tetapi, berbagi yang baik tidak hanya asal berbagi. Bagi-bagi yang paling berarti adalah ketika kita memberikan sesuatu kepada mereka yang memang membutuhkan dan cocok dengan apa yang kitaberi, baik itu barang bekas, barang baru, maupun hal-hal yang abstrak seperti nasihat dan pengetahuan.

 

Giving-Heart

Untuk memastikan apa yang kita bagi ke pada orang lain tepat dan cocok dengan sipenerima, pastinya kita harus mengetahui sipenerima. Terkadang kita nggak usah jauh-jauh mencari orang yang membutuhkan karena mungkin saja di sekitar kita ada teman atau keluarga yang membutuhkan sesuatu yang kita punya.

gudang-2 (1).jpg

Langkah berikutnya pastinya adalah mencari apa yang orang tersebut butuh dan apakah kita bisa member kan hal itu kepada sipenerima. Kadang barang yang numpuk dan tidak terpakai dapat di lungsurkan ke mereka dan dapat menjadi barang yang tepat untuk mereka.Kuncinya di sini adalah kita harus mengetahui karakter dan keinginan orang yang akan kita bagikan sesuatu tersebut.

babacucu

Jika kita ingin memberikan ke orang lain, situs-situs komunitas seperti Babacucu.com dapat membantu menghubungkan antara mereka yang ingin bagi-bagi dengan mereka yang ingin mencari barang gratisan. Dengan system ini, mereka yang ingin mencari barang gratisan dapat meminta barang yang menarik untuk mereka.

 

Dengan mudahnya berbagi, apakah ada alasan lain untuk tidak mulai berbagi yang baik? Menyebarkan semangat berbagi berarti menyebarkan kebahagiaan dan kebaikan ke orang-orang di sekitar kita.

Selamat berbagi semua”

Valentine Buat Jomblo? Kenapa Nggak?

IlovebabaIlovecucu

Menjelang Valentine’s Day, yang udah punya pacar pasti kalang-kabut buat nyari-nyari hadiah buat pacar kesayangan.Tapi kalian yang belom punya pacar, entah karena pilihan atau emang belom ketemu aja, gimana? Masa gigit jari doang di hari kasih sayang? Nggak mau kan? Ingat, Valentine adalah hari kasih sayang yang bukan Cuma berarti kasih sayang sama pacar. Kasih sayang itu juga bisa ditujukan keteman-teman, keluarga, dan bahkan kamu sendiri. Di bawah ini babacucu mencoba kasih beberapa ide buat biar Valentine kalian nggak garing.

double-dating.jpg

  • Singles date bareng teman-teman: Ngedate nggak harus selalu sama pacar atau gebetan. Ajak aja teman-teman yang ngejomblo juga buat jalan-jalan. Makan-makan, nonton film, main futsal, lakukanlah apapun yang bisa bikin kalian ngelupain cari pacar dan bersenang-senanglah.

 

201211-orig-deepak-chopra9-949x534

  • Love yourself: Cintailah diri sendiri dan habiskan hari memanjakandiri. Treatment, spa, olahraga, ataumalas-malasan di rumah, lakukan apapun yang membuat kamu senang. Pikiran untuk nyari pacar pasti kebuang jauh-jauh.

 

BH63H8_2424732b

  • Family Time: Kasih sayang untuk keluarga sangat penting, jadi ambillah momentum Valentine untuk menghabiskan hari bersama keluarga dan tunjukkan rasa sayangmu pada mereka

 

TV1

  • Marathon film atau marathon novel: Cara paling asik buat menghabiskan sehari penuh tanpa keluar uang banyak adalah marathon film atau menyelesaikan novel favorit. Kalau yang ingin merasakan suasana Valentine, kalian bisa coba marathon film romantic comedy.

 

shutterstock_75493825

  • Jatuh cinta dengan hobi baru: Sempat berniat memulai hobi baru tapi belum sempat mulai? Gunakan waktu lowong di hari Valentine untuk mencoba dan mungkin jatuh cinta dengan hobi baru.

 

200412179-001

  • Keluar kota: Kalau kalian suka travelling dan punya satu hari kosong, apalagi yang lebih asyik dari pada jalan-jalan keluar kota?

Ingat, Valentine buat jomblo nggak harus menyedihkan dan sendirian. Banyak yang bisa dilakukan baik sendiri, dengan teman, atau dengan keluarga. Jadi jangan sedih dan mulailah bersenang-senang! Salah satu mantra favorit Babacucu

“BE THE SOURCE OF YOUR OWN HAPPINESS” OK!!

babacucu

Dibalik tradisi “Kue Keranjang” dan bagi-bagi “Angpao” di hari raya Imlek.

INSTAG-kue keranjang

Tanggal 8 Februari Kemarin, masyarakat Tionghoa di seluruh dunia akan merayakan Tahun Baru Tionghoa, atau sering juga disebut Lunar New Year di luar negeri dan Imlek di masyarakat Indonesia. Perayaan ini biasanya diramaikan dengan munculnya dekorasi serba merah, pertunjukan barongsai, bagi-bagi angpao, dan tradisi-tradisi lainnya. Kali ini kita akan membahas dua tradisi Imlek yang pasti sudah sering kalian lihat atau rayakan, yaitu tradisi membuat kue keranjang dan memberikan angpao.

kue keranjang(1)

 

Salah satu tradisi yang sangat terkenal dalam perayaan Imlek adalah disajikannya kue keranjang atau nian gao, kue yang terbuat dari tepung ketan dan gula. Nama kue keranjang berasal dari wadah cetaknya yang berbentuk keranjang, dan dalam tradisi dibuat untuk sesaji pada upacara sembahyang leluhur, yang dimulai tujuh hari sebelum Imlek dan berpuncak pada malam sebelum Imlek. Jika digunakan sebagai sesaji, kue ini baru dimakan ketika Cap Go Meh, malam kelimabelas setelah Imlek. Kue keranjang juga dipercaya sebagai hidangan untuk menyenangkan Dewa Tungku agar ia memberikan laporan baik kepada raja Surga, sementara bentuknya yang bulat dimaknai agar keluarga yang merayakan Imlek dapat tetap bersatu, rukun, dan bertekad bulat di tahun yang akan datang.

AngpaoAngpao

Angpao adalah sejumlah uang di dalam amplop merah yang diberikan kepada anak-anak atau anggota keluarga lain

Pemberian angpao adalah simbol harapan agar si penerima beruntung dan bernasib baik di tahun mendatang

Ketika seorang anak menerima angpao, maka orangtua anak itu harus memberikan angpao kepada anak si pemberi angpao

Budaya angpao berasal dari konsep membalas kebaikan dan menunjukkan keharmonisan di dalam keluarga atau ikatan kolega kerja.

Tradisi lain yang juga sudah sangat identik dengan Imlek adalah pemberian angpao, yang biasanya berbentuk sejumlah uang di dalam amplop merah. Angpao biasanya diberikan kepada anak-anak dan anggota keluarga yang belum menikah sebagai simbol harapan si penerima mendapatkan keberuntungan dan bernasib baik di tahun mendatang. Biasanya, ketika seorang anak menerima angpao, maka orangtua anak tersebut harus memberikan angpao kepada anak si pemberi angpao. Budaya angpao sendiri berasal dari konsep membalas kebaikan antar sesama dan menunjukkan keharmonisan di dalam keluarga dan ikatan kolega kerja.

Ditilik dari dua tradisi tersebut, salah satu benang merah di antara keduanya adalah pentingnya kebersamaan dan berbagi, baik di dalam lingkup keluarga, pertemanan, maupun ikatan kerja. Tentunya memiliki semangat berbagi dan kebersamaan adalah hal yang sangat penting untuk etnis maupun ras manapun, dan alangkah baiknya kita bisa tetap memiliki semangat tersebut sepanjang tahun. Dengan berbagi dan kebersamaan, dunia akan menjadi tempat yang lebih baik.

babacucu