Ooho, Botol Minum Yang Bisa Dimakan

ooho-edible-water-bottle

Setiap harinya banyak banget sampah botol minum yang dibuang abis dipakai dan bikin ‘produksi’ sampah plastik terus meningkat. Tapi ada inovasi baru yang bisa ngegantiin botol minum plastik.

Namanya Ooho. ‘Botol’ jenis baru yang dikembangkan Skipping Rocks Lab ini menggunakan ekstrak rumput laut untuk membuat gelembung kecil yang bisa dipakai menyimpan air, dan bisa ikut dimakan, bukan cuma sebagai tempat menyimpan air. Sensasinya kayak ‘makan’ air.

Atau kalau emang cuma mau minum, kulit rumput lautnya juga bisa dibuang dan nggak ngotor-ngotorin. Yang jelas, Ooho bisa ngurangin sampah plastik yang berceceran di mana-mana dan susah banget buat membusuk. Ooho juga bisa dibuat jauh lebih murah dibanding plastik.

Lumayan banget ‘kan kalau ini bisa diproduksi massal, kita nggak usah gede-gede bawa botol lagi, tinggal bawa Ooho sekantong buat stok minum kita sehari.

14_banner_20141204-173951_banner-babacucu-new1

Memaknai Kemerdekaan Dengan Berbagi

kemerdekaan-indonesia

Hari ini, tanggal 17 Agustus kita merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Selain merayakan hari kemerdekaan ini dengan lomba-lomba seperti panjat pinang, balap karung, dan lain-lainnya, apa lagi sih yang bisa kita lakukan untuk merayakan kemerdekaan? Banyak banget, dan salah satunya adalah berbagi ke mereka yang membutuhkan.

index126-696x464

Misalnya nih, komunitas Yuksedekah yang bagi-bagi sembako ke veteran di daerah Klaten sebagai apresiasi bagi pejuang-pejuang yang mengabdi kepada tanah air.

visit-alqi-agustusan

Ada juga Buku Berkaki yang melakukan kunjungan ke panti asuhan Al-Qi dan mengasah keterampilan anak-anak sambil mengajak mereka membaca buku.

023394000_1471585389-img_7303

Jamiyah Waqiah dari Cirebon memilih untuk memperingati hari kemerdekaan dengan memberi santunan kepada orang-orang yang menderita gangguan jiwa di daerah Cirebon dengan memberikan mereka makanan, minuman, dan baju.

Kalian kira-kira mau ngapain nih buat merayakan kemerdekaan, Babacucuers?

Berbagai Manfaat Buah Citrus

Slices of citrus fruit

Buah-buahan citrus, terutama jeruk dikonsumsi dalam bentuk bermacam-macam. Mulai dari buahnya, jus, sampai makanan-makanan berbagai rasa jeruk, banyak banget cara untuk mengonsumsi jeruk. Tapi sadar nggak sih kalau citrus punya banyak banget manfaat buat kesehatan kita? Yuk simak!

Manfaat yang paling jelas adalah citrus punya kandungan vitamin C yang sangat kaya dan bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Tapi masih banyak lagi loh manfaatnya.

Citrus punya kandungan flavonoid yang dapat meningkatkan kesehatan jantung, dan grapefruit merah yang tinggi antioksidan dapat mengurangi kadar kolesterol. Kandungan vitamin C juga ditemukan dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Kandungan vitamin C yang kaya juga dapat membuat gejala-gejala flu kita sedikit lebih mendingan. Jadi kalau mulai berasa pilek, coba aja makan jeruk.

Buah-buahan citrus juga kaya air, seperti jeruk yang memiliki kandungan 87% air. Kandungan air yang kaya ini tentu dapat mengurangi dehidrasi.

Buat kalian yang pengen kurus, buah-buahan citrus dengan kandungan lemak dan kalorinya yang rendah bisa jadi pilihan cemilan yang pas buat kalian yang lagi diet.

Bukan cuma pas dimakan, buah citrus juga bisa memberi kesegaran buat badan kalian kalau mandi dengan Dettol Fresh aroma jeruk ini, gratis cuma di Babacucu!

1495083916-1793529776

Sulap Sampah jadi Berguna

140624165225-chinese-boy-ocean-trash-horizontal-large-gallery

Biasanya, sampah ditangani dengan cara ditumpuk di tempat pembuangan atau dibakar. Beberapa negara juga punya cara menangani sampah dengan mengubahnya menjadi energi. Tapi, ada beberapa negara yang punya metode penanganan sampah yang lebih unik lagi! Yuk simak!

25224

Di Uganda, Eco Art Uganda, sebuah kelompok seniman yang sadar lingkungan membangun taman bermain anak-anak dari sampah. Mulai dari ayunan sampai board game raksasa semua dibuat dari barang-barang bekas. Selain bisa menjadi tempat bermain anak-anak, taman ini juga bisa mengajari anak-anak pentingnya mendaur ulang.

25225

Sampah plastik biasanya diinjak-injak, tapi profesor dari India ini bisa membuat sampah plastik jadi bahan untuk mengaspal jalanan. Dengan mengubah sampah plastik jadi bitumen, salah satu bahan utama aspal jalan, masalah sampah plastik India bisa terbantu sambil jalan-jalan baru terus dibuat.

25226

Dulu, tempat pembuangan sampah Sai Tso Wan di Hong Kong menampung 1.6 juta ton sampah yang menumpuk sampai 65 meter. Setelah ditutup di tahun 1981, tempat pembuangan ini  dirombak menjadi taman di tahun 2004 dan menghasilkan listrik dari metana yang dihasilkan sampah yang membusuk.

Selain mengatasi sampah, solusi-solusi di atas ampuh banget buat memberikan manfaat lainnya. Keren kan? Yuk, lebih kreatif menangani sampah!

14_banner_20141204-173951_banner-babacucu-new1

Recycle atau Upcycle?

fff7e91e4897e40cd37577fc33f98d7e-jeans-upcycling-diy-upcycling

Kebanyakan dari kita pasti sudah familiar dengan istilah recycle atau daur ulang. Tapi ada lagi cara menggunakan ulang barang-barang bekas yang sama-sama bisa membuat barang bekas berguna lagi, loh! Namanya adalah upcycle.

Ketika recycle mengembalikan sebuah barang ke bahan-bahan dasarnya dan dibuat menjadi barang lain, upcycle langsung mengubah barang bekas menjadi barang lain yang biasanya terjaga kualitasnya.

Baju-baju bekas bisa dibuat menjadi lap atau tas, ban mobil lama bisa dibuat menjadi tas, bahkan tangga, dengan sedikit kreativitas bisa menjadi rak buku.

Bukan hanya mengurangi sampah, upcycling juga bisa jadi ajang pamer kreativitas dan bikin barang bekas jadi berguna lagi! Mau nyoba?

14_banner_20141204-173951_banner-babacucu-new1

Rahasia Berbagi untuk Berbisnis

free-stuff-sign-918x516

Buat apa sih perusahaan ngasih barang-barang gratis? Untuk konsumen, pasti senang-senang aja bisa dapat barang gratis.Tapi apa sih sebenarnya untungnya buat perusahaan berbagi-bagi barang gratis? Ternyata banyak loh!

Dengan bagi-bagi sample gratis, kesadaran orang-orang atas brand bakal naik, karena biasanya orang-orang bakal ngomong ke orang lain soal gratisan.

Bagi-bagi gratisan juga bisa memberi perusahaan kalian reputasi sebagai perusahaan yang murah hati dan suka bagi-bagi.

Dari sampel gratis juga biasanya bisa didapatkan feedback dari calon-calon konsumen, yang berarti bagi-bagi gratis juga ide yang bagus untuk ngetes barang-barang baru kalian.

Bukan cuma buat calon konsumen, tapi konsumen lama juga bisa ‘digoda’ untuk beli lebih banyak dengan memberikan bonus gratisan setiap membeli barang dengan nilai tertentu.

Dengan penggunaan gratisan yang cermat, bisnis kalian bisa lebih maju loh! Bingung mau ngasih gratisan di mana? Kenapa nggak Babacucu aja?

14_banner_20141204-173951_banner-babacucu-new1

Ngurangin Sampah, Ngurangin Pengeluaran

holiday_waste_management1

Buat ngurusin sampah pasti butuh uang. Bukan cuma pengeluaran di tempat pembuangannya, tapi juga menghitung-hitung biaya yang harus kita keluarkan sendiri untuk pengelolaan sampah dan membeli barang-barang pengganti.

Capek karena pengeluaran membengkak akibat sampah? Simak tips-tips berikut!

2-3-old-clothes

Baju-baju bekas jangan dibuang, karena bisa dipakai ulang. Baju-baju yang udah jelek banget bisa dijadiin lap, sementara baju yang masih layak pakai tapi udah bosan bisa dilungsurkan ke orang lain.

2-1-reusable-bag

Walaupun kantong plastik udah nggak harus bayar lagi, nggak ada salahnya beli kantong belanja yang bisa dipakai berkali-kali. Selain ngurangin sampah plastik di rumah, kantong belanja juga lebih kuat dari kantong plastik dan lebih tahan lama.

2-4-newspapers

Langganan koran? Koran bekas bisa dipakai buat jadi alas kandang peliharaan kalau punya, atau untuk jadi lap panci dan jendela.

2-6-yard-sale

Buat yang punya furnitur bekas, daripada dibuang sayang, coba jual lagi di toko online. Kalau ternyata nggak ada yang minat, coba aja bagi-bagiin gratis, misalnya di Babacucu.

Tips-tips ini simpel, mudah diikuti, dan bisa lumayan bikin penghematan di pengeluaran sehari-hari kita, loh! Yuk mulai ngurangin sampah!

Dan buat barang-barang yang nggak tau mau dibuang ke mana, kenapa nggak Babacucuin aja?

14_banner_20141204-173951_banner-babacucu-new1

Apakah Artinya Berbagi? #AkuBerbagi

“>Screenshot_2003

Berbagi. Kita pasti udah sering banget ngedenger kata ini. Tapi apa sih sebenarnya berbagi? Menurut KBBI, berbagi berarti ‘membagi sesuatu bersama’. Tapi ini hanya definisi katanya. Berbagi bisa jadi memiliki arti yang berbeda untuk setiap orang. Untuk itu, Babacucu mewawancarai beberapa Baba buat berbagi ke kita, apa sih arti ‘berbagi’ itu. Klik gambar di bawah buat nonton videonya!

Screenshot_2004

Menurut Baba Nala pemilik Herroom, berbagi adalah sebuah kebutuhan di mana kita bisa memberikan manfaat ke orang lain, dan nantinya keberkahan juga akan kembali kepada kita. Jadi dengan berbagi ke orang lain, kita juga bisa menikmati manfaat dan keberkahan.

Berbagi untuk Baba Irman dari Kayoo, adalah pada saat kita memberi atau melakukan sesuatu yang bermanfaat buat kita, tapi juga nantinya bermanfaat buat orang lain. Jadi sebenarnya dengan berbagi, kita ngebantu baik diri sendiri dan orang lain.

Kalau kata Baba Arianto, founder dan CEO MACS909, berbagi adalah sesuatu yang sangat mendasar. Manusia pada dasarnya memang punya naluri untuk berbagi. Manusia butuh untuk berbagi, karena dengan berbagi kita akan merasa senang. Makin sering berbagi, kita makin sering merasa senang.

Berbagi punya arti khusus buat setiap orang. Kalau menurut kalian, berbagi itu apa? #AkuBerbagi

14_banner_20141204-173951_banner-babacucu-new1

Kreativitas Menyulap Barang Bekas

creative-diy-repurposing-reusing-upcycling-2-32

Kadang kita punya barang-barang bekas yang entah karena malas, nggak tau ke mana dibuangnya, atau alasan-alasan lain, akhirnya nangkring aja di rumah, menuh-menuhin dan jadi sampah. Pastinya ini nggak sehat karena barang-barang itu bisa jadi sarang debu dan penyakit.

Solusinya gimana? Kenapa nggak dirombak jadi barang baru aja! Dengan sedikit kreativitas, barang-barang bekas yang udah nggak kepakai bisa disulap jadi perabotan-perabotan keren!

creative-diy-repurposing-reusing-upcycling-2-4-2 Misalnya ini, tangga bekas yang digunakan jadi rak buku. Keren kan?

creative-diy-repurposing-reusing-upcycling-2-16-1

Buat yang punya kursi-kursi lipat bekas, bisa ditempelin di tembok dan jadi gantungan dan rak dalam satu paket. Kalau butuh buat didudukin, bisa dilepas lagi.

creative-diy-repurposing-reusing-upcycling-2-38

Alat makan, kayak garpu bekas ini juga bisa dijadikan gantungan baju yang lucu-lucu.

creative-diy-repurposing-reusing-upcycling-2-1-1

Suka sepedaan? Bekas-bekas spare part sepeda bisa loh djiadiin hiasan lampu!

Ini sedikit dari banyak banget ide-ide buat merombak barang bekas jadi barang baru yang unik dan keren. Penasaran mau nyoba tapi nggak ada barang? Yuk buka Babacucu, siapa tau ada barang yang bisa ngebantu!

14_banner_20141204-173951_banner-babacucu-new1

Bakar Sampah Bermanfaat Ala Swedia

sweden-garbage-02-662x0_q70_crop-scale

Masalah pengelolaan sampah udah jadi masalah umum di berbagai negara. Sampah yang numpuk dan mngotori lingkungan pasti jadi masalah di manapun adanya itu. Tapi, ternyata nggak semua negara punya masalah sampah kayak gini. Percaya nggak percaya, Swedia sudah menanggulangi masalah sampahnya, sampai ketiadaan sampah itu yang jadi masalah? Gimana bisa?

Di Swedia, sampah dibakar untuk menjadi bahan bakar pemanas rumah-rumah. Dengan ini, sampah dapat digunakan ulang untuk sesuatu yang bermanfaat dan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil, yang sudah diberi pajak mahal sejak 1991. Hal ini juga nggak terlepas dari kesadaran masyarakat Swedia akan pentingnya daur ulang, sehingga sampah-sampah semua dikumpulkan ke pusat daur ulang untuk diubah menjadi energi pemanas.

Saking sedikitnya sampah di Swedia, mereka harus mengimpor sampah-sampah dari negara lain untuk terus mengisi pabrik daur ulang mereka agar terus menghasilkan energi untuk pemanas. Selain menjadi sumber energi yang ampuh untuk pemanas rumah mereka, pembuangan sampah ke tempat pembuangan juga menurun drastis, dengan hanya 1% dari sampah di Swedia yang masuk ke tempat pembuangan sejak 2011.

Kapan Indonesia bisa kayak gini? Semua tergantung dari kesadaran masyarakat pastinya. Nggak usah mulai dari yang besar-besar, coba aja mulai dari diri sendiri. Kalau ada barang bekas yang mau dibuang, kenapa nggak Babacucuin aja?

14_banner_20141204-173951_banner-babacucu-new