Dari Bawah Laut Jadi Alas Kaki

hy4sbzosc037ap659gt2_adidasparley6

Dari sampah laut jadi sepatu, percaya nggak percaya bisa loh! Itu yang dilakukan Adidas ketika mereka berpartner dengan organisasi konservasi Parley for the Oceans!

Dengan kolaborasi bersama Parley, Adidas membuat prototip sepatu yang berbahan plastik yang ditemukan di laut dan jaring-jaring pemancingan ilegal.

Bukan hanya ramah lingkungan, model sepatu ini juga fashionable dan cocok buat dipakai olahraga.

Emang, kreativitas sangat dibutuhkan ketika berurusan dengan hal-hal yang menyangkut daur ulang, siapa tahu sampah yang kalian temui bisa disulap jadi barang lain yang berguna.

14_banner_20141204-173951_banner-babacucu-new1

Advertisements

Kreatif Mendaur Ulang Botol Bekas

plastic-bottle-art-designrulz-1

Salah satu sampah yang paling sering kita temui adalah botol plastik. Terutama buat yang sering beli minuman, pasti banyak banget botol plastik yang kita buang tiap hari. Sifat plastik yang susah terurai secara alami ini membuat sampah botol plastik jadi masalah buat lingkungan. Tapi ada cara-cara agar sampah ini nggak terlalu mengganggu, bahkan jadi berguna. Tentunya dengan didaur ulang!

Dari botol plastik, bisa disulap jadi benda-benda yang berguna dan enak untuk dilihat, berikut beberapa inspirasi untuk daur ulang botol bekas.

plastic-bottle-art-designrulz-8

Botol bekas bisa disulap jadi lampu lucu warna-warni dengan Bottle Light, pas buat dekorasi kamar.

plastic-bottle-art-designrulz-1

Bagian bawah botol yang mirip bunga bisa dipoong dan dirangkai jadi gorden atau hiasan lucu di rumah.

plastic-bottle-art-designrulz-26

Buat yang suka berkebun, botol plastik bekas bisa disulap jadi pot tanaman dan digantung di pagar.

Masih banyak lagi ide-ide mendaur ulang botol bekas, tapi inilah beberapa yang bisa kalian coba di rumah. Tertarik?

14_banner_20141204-173951_banner-babacucu-new1

Dari Sampah Jadi Rupiah

gimmick_pick

Sekarang bukan cuma transportasi yang bisa dionlinein, tapi pengumpulan sampah juga! Sampah Muda, sebuah platform pengumpulan sampah yang beroperasi di Semarang sangat membantu pengumpulan sampah dengan membuat prosesnya jadi online.

Pengguna Sampah Muda yang sudah terdaftar bisa mengumpulkan sampah dan meminta petugas Sampah Muda untuk menimbangnya, lalu ditukar dengan uang.

Pastinya sampah harus dipilah dulu dan Sampah Muda hanya mengambil sampah anorganik seperti kertas bekas, karton, botol plastik, dan plastik-plastik lainnya.

Sejauh ini, layanan yang dikembangkan oleh lulusan Politeknik Negeri Semarang ini menawarkan rata-rata 700 sampai 3000 rupiah per kilogram sampah yang diambil. Bayaran ini nanti akan ditransfer secara elektronik. Uang ini juga bisa didonasikan.

Memang, segala sesuatu dionlinein biasanya jadi lebih mudah, nggak terkecuali sampah.

14_banner_20141204-173951_banner-babacucu-new1

Inovasi Sandal Jepit Ramah Lingkungan

ff-uc-sandiego-photo-by-erikjepsen-used-with-permission-e1507330594177

Kalau sandal jepit rusak dan nggak bisa dibenerin, pasti kita buang, ‘kan? Sifat sandal jepit yang dipakai emang nggak lama karena murah banget ini bikin kita malas buat ngejaganya baik-baik. Begitu rusak dikit, langsung buang dan beli baru.

Ternyata, hal ini nggak baik buat lingkungan. Setiap tahunnya, tiga milyar sandal jepit diproduksi dan kebanyakan ujung-ujungnya jadi sampah di pembuangan sampah dan sungai di sekeliling dunia.

Untuk membantu agar sampah bekasan sandal jepit nggak numpuk, Stephen Mayfield, seorang profesor dari University of California San Diego mengembangkan sandal jepit yang biodegradable dan terbuat dari algae atau ganggang.

Ketimbang menumpuk dan lama-lama jadi sampah, sandal jepit ini akan dapat ditaruh di tumpukan kompos dan dimakan oleh mikroorganisme. Bukan hanya itu, sandal jepit biasa diproduksi menggunakan minyak, sementara sandal jepit algae ini dibuat dari ganggang dan pastinya adalah sumberdaya yang dapat diperbarui.

Gimana, tertarik nyobain makai sandal jepit algae?

14_banner_20141204-173951_banner-babacucu-new1

Sampah Jadi Seni

can_watch_2

Tiap abis minum minuman kalengan, kalengnya diapain? Pasti dibuang, kan? Alchemist Creations, sebuah studio di Hong Kong mau mengubah kebiasaan itu!

christmas_tree

Alchemist Creations membuat inovasi kreatif dengan menyulap kaleng bekas jadi karya seni.

can_watch_m5

Salah satu karya andalannya adalah jam tangan dari kaleng bekas yang bentuknya sangat unik dan fashionable.

Bukan hanya itu, karya-karya Alchemist Studios juga dibuat oleh orang-orang yang kurang mampu, sehingga dapat membuka lapangan kerja baru.

Penasaran? Langsung aja meluncur ke website resmi Alchemist Creations di alchemisthk.com!

14_banner_20141204-173951_banner-babacucu-new1

Perubahan Kecil, Dampak Besar

eco20friendly

Menjaga kelestarian lingkungan mungkin terkesan seperti hal besar yang susah untuk dilakukan. Nyatanya, kita nggak harus melakkan hal-hal besar untuk menjaga kelestarian lingkungan. Mau tau gimana caranya membantu membuat lingkungan kita tetap nyaman ditinggali dengan hal-hal kecil? Yuk simak!

bus_v2

Buat yang masih sering naik mobil ke mana-mana bahkan ke tempat yang dekat, coba kurangin penggunaan mobil. Naik sepeda ke tempat dekat dan sering-sering memakai transportasi umum. Akses transportasi umum susah? Masih ada transportasi online dan nebeng teman,

produce_bez0bi

Buat yang udah belanja bahan makanan sendiri, belilah hanya yang diperlukan. Bisa dicoba mencatat makanan apa aja yang kita buang setiap minggunya agar keliatan apa-apa aja yang bisa dikurangi ketika kita belanja lagi. Makanan bekas kemarin yang masih enak juga jangan dibuang, lebih baik simpan buat bekal atau buat makan lagi.

less-packaging-company-redesigns

Mengurangi konsumsi bungkusan juga bisa mengurangi jumlah kertas dan plastik yang dibuang setiap harinya. Ketimbang beli air minum dalam botol, pakailah botol minum sendiri dan isi dari rumah, dan buat yang demen kopi, biasakan bawa tumbler kalau mau minum kopi takeaway.

gfs

Punya barang-barang yang udah nggak kepakai tapi sebenarnya masih layak pakai? Dilungsurkan ke orang lain aja, daripada jadi sampah di rumah. Situs-situs kayak Babacucu bisa jadi tujuan kalian buat menampung barang-barang lungsuran.

Dengan sedikit perubahan kebiasaan, kalian bisa ngebantu membuat lingkungan kita lebih baik. Yuk coba!

14_banner_20141204-173951_banner-babacucu-new1

Menyulap Tempe Jadi Rumah

indonesia-creates-a-new-building-material-from-the-least-likely-source-16060691

Bikin rumah dari bata? Udah basi! Sekarang kalian bisa bikin rumah dari tempe! Penasaran? Itulah yang dilakukan Mycotech, sebuah perusahaan yang berbasis di Bandung.

Mycotech mengembangkan inovasi baru dalam bahan bangunan, yaitu batu bata yang dibuat dari jamur dan terinspirasi dari tempe. Mycotech dibuat dari sampah pertanian yang kemudian diikat dengan bahan rekat alami, jamur mycelium.

Batu bata Mycotech ini lebih tahan banting, tahan api, dan tahan air daripada bata yang dibuat dari tanah liat, dan lebih ramah lingkungan.

Inovasi ini juga memberdayakan petani-petani agar mendapatkan sumber pemasukan lagi dengan menjual sampah agraris mereka.

Penasaran? Langsung aja meluncur ke website mereka di mycote.ch!

Nails, Terjebak di Rumah Sakit Bersama Pembunuh

Gimana rasanya terjebak di rumah sakit bareng makhluk jahat? Itulah yang dialami Dana Milgrom, seorang ibu yang harus berdiam diri di rumah sakit sementara kamarnya digentayangi oleh hantu pembunuh berantai.

Film besutan Dennis Bartok ini memiliki keunikan karena ketimbang penuh dengan adegan lari-larian dan teriakan si protagonis, protagonisnya justru harus diam saja di tempat tidur karena luka-luka yang dideritanya setelah mengalami kecelakaan. Dia bahkan tak bisa berbicara kecuali ketika menggunakan alat yang ada di laptopnya.

Pengen merasakan seramnya Nails dan nonton gratis? Yuk klik poster di bawah ini!

NAILS 9

Kreatif Mendaur Ulang

recycling_at_wcu

Kreativitas penting banget dalam segala aspek kehidupan, dan itu juga termasuk dalam mengurangi dan mengatasi sampah. Karena kreativitaslah orang-orang bisa membuat barang-barang keren dari sampah. Apa aja? Yuk simak!

a98adbccb7816a76b91491bc96a0c579

Cartridge printer bekas biasanya antara kita isi ulang atau kita buang. Tapi Close The Loop dari Australia punya solusi baru yang lebih konstruktif. Cartridge printer lama bisa disulap jadi semacam triplek bernama eWood dan bisa dipakai seperti layaknya kayu biasa!

waste-resuse_soda-bottle

Di Brazil, ada proyek kreatif untuk membuat taman vertikal yang dibuat dari ratusan botol soda plastik yang diisi tanah dan ditanami tumbuhan. Taman ini bisa untuk menanam sayur-sayuran juga untuk makanan sehari-hari.

childrens_big

Landfill Harmonic Orchestra dari Paraguay bahkan membuat alat musik dari sampah untuk dimainkan di orkestra mereka. Kurang kreatif apa?

Kadang dalam mengatasi sampah kita nggak harus menggunakan cara yang itu-itu saja. Kita bisa melihat masalah atau keperluan lain di lingkungan kita, dan cari cara untuk memecahkan masalah itu dengan menggunakan sampah. Jadi ingat, ngatasin sampah nggak selalu membosankan!

Tips Ampuh Hemat Kertas

waste-paper

Sampah kertas mungkin terkesan remeh dan gampang didaur ulang. Tapi semakin besar konsumsi kertas kita, semakin banyak juga pohon yang harus ditebang. Untuk ngurangin konsumsi kertas dan seenggaknya membantu kita menyelamatkan beberapa pohon dari harus ditebang, yuk simak tips ini!

Salah satu cara yang paling sederhana adalah untuk memakai kertas bekas sebagai coret-coretan atau untuk catat-mencatat. Kalau nggak dipakai untuk urusan resmi, lebih baik pakai kertas bekas aja. Atau bisa juga migrasi catatan ke media digital, dengan banyaknya aplikasi catatan yang bisa ngebantu.

Kurangi penggunaan tisu dan ganti dengan lap yang bisa dipakai berkali-kali. Buat yang suka bawa bekal makanan pakai kantong kertas, ganti dengan kotak bekal dari bahan lain aja. Suka teh? Coba teh yang loose leaf sebagai alternatif teh yang dari tea bag.

Buat yang suka baca koran atau majalah juga mungkin bisa mempertimbangkan memindahkan langganan koran dan majalahnya ke versi online kalau ada. Selain nggak menuh-menuhin, baca online juga lebih mudah dibawa karena tinggal buka smartphone.

Tips-tips ini mungkin sederhana, tapi bisa membantu kita buat ngurangin konsumsi kertas. Yuk mulai dicoba!

14_banner_20141204-173951_banner-babacucu-new